SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS 2 SMA N 8 MALANG

Yanin Karuniasih

Abstrak


ABSTRAK

 

Karuniasih,  Yanin.  2013.  Penerapan  Model  Pembelajaran  Problem  Based Learning  untuk  Meningkatkan  Kemampuan  Memecahkan  Masalah Pelajaran Geografi Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 8 Malang. Skripsi, Jurusan  Geografi,  Fakultas  Ilmu  Sosial,  Universitas  Negeri  Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si, (II) Drs. Yusuf Suharto.

 

Kata Kunci: Problem Based Learning, kemampuan memecahkan masalah

 

Penerapan sebuah model pembelajaran harus mampu menciptakan suasana pembelajaran  yang  memberikan  kesempatan  kepada  siswa  untuk  aktif  dan mengkonstruk sendiri perolehan belajarnya. Kenyataan yang ada memperlihatkan bahwa  proses  pembelajaran  Geografi  masih  didominasi  oleh  pandangan  yang menempatkan  pengetahuan  sebagai  fakta  yang  harus  dihafal,  dengan  sumber belajar  yang  hanya  mengacu  pada  buku  teks  dan  LKS. 

Berdasarkan  hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Geografi kelas XI IPS 2 serta pengalaman PPL  yang  telah  dilakukan,  permasalahan  yang  dihadapi  dalam  kegiatan pembelajaran  adalah  rendahnya  kemampuan  memecahkan  masalah  pada  siswa yaitu  hanya  mencapai  ketuntasan  sebesar  18%.  Tujuan  penelitian  ini  adalah meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada pelajaran Geografi dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning.

Penelitian  ini merupakan penelitian  tindakan kelas yang  terdiri dari  tahap perencanaan,  pelaksanaan,  observasi  dan  refleksi.  Hasil  yang  diperoleh  dari penelitian  ini adalah kemampuan memecahkan masalah pelajaran Geografi siswa kelas XI IPS 2 yang sebelum diberikan tindakan hanya mencapai ketuntasan 18% meningkat menjadi 64,7% pada Siklus  I dan meningkat kembali menjadi  88,2% pada  Siklus  II. 

Berdasarkan  hasil  penelitian  tersebut  maka  dapat  disimpulkan bahwa  telah  terjadi  peningkatan  kemampuan  memecahkan  masalah  pelajaran Geografi setelah diterapkan pembelajaran model Problem Based Learning.