PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS 2 SMA N 8 MALANG
Abstrak
ABSTRAK
Karuniasih, Yanin. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Pelajaran Geografi Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 8 Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si, (II) Drs. Yusuf Suharto.
Kata Kunci: Problem Based Learning, kemampuan memecahkan masalah
Penerapan sebuah model pembelajaran harus mampu menciptakan suasana pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dan mengkonstruk sendiri perolehan belajarnya. Kenyataan yang ada memperlihatkan bahwa proses pembelajaran Geografi masih didominasi oleh pandangan yang menempatkan pengetahuan sebagai fakta yang harus dihafal, dengan sumber belajar yang hanya mengacu pada buku teks dan LKS.
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Geografi kelas XI IPS 2 serta pengalaman PPL yang telah dilakukan, permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran adalah rendahnya kemampuan memecahkan masalah pada siswa yaitu hanya mencapai ketuntasan sebesar 18%. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada pelajaran Geografi dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kemampuan memecahkan masalah pelajaran Geografi siswa kelas XI IPS 2 yang sebelum diberikan tindakan hanya mencapai ketuntasan 18% meningkat menjadi 64,7% pada Siklus I dan meningkat kembali menjadi 88,2% pada Siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan kemampuan memecahkan masalah pelajaran Geografi setelah diterapkan pembelajaran model Problem Based Learning.