SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Deskripsi Kondisi Kompetensi Pedagogik Guru Geografi SMA dan Guru IPS SMP yang Bersertifikat Pendidik di Kabupaten Lumajang

Hafidah Ainur Rahmi

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahmi, Hafidah Ainur. 2013. Deskripsi Kondisi Kompetensi Pedagogik Guru Geografi SMA dan Guru IPS SMP yang Bersertifikat Pendidik di Kabupaten Lumajang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Achmad Fatchan, M.Pd, M.Si, (II) Dr. Budijanto, M.Sos.

 

Kata kunci: Kompetensi pedagogik, sertifikat pendidik

 

Kompetensi pedagogik adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Kompetensi ini lebih menekankan kepada kemampuan guru untuk mengelola pembelajaran. Kenyataan yang dikhawatirkan adalah apakah guru yang sudah bersertifikat pendidik memiliki kompetensi pedagogik yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang kompetensi pedagogik guru terutama dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.

Lokasi penelitian ini berada di Kabupaten Lumajang dengan subyek penelitian guru geografi SMA dan guru IPS SMP yang bersertifikat pendidik. Jenis penelitian ini adalah eksposfakto. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi dokumentasi, observasi, dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan tabulasi tunggal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru geografi SMA dan guru IPS SMP di Kabupaten Lumajang dalam menyusun RPP tergolong baik, kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran tergolong baik, serta kompetensi guru dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran tergolong baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru geografi SMA dan guru IPS SMP di Kabupaten Lumajang dalam menyusun RPP, melaksanakan pembelajaran, serta melaksanakan evaluasi pembelajaran baik.

Saran yang dapat diberikan kepada guru yang bersertifikat pendidik untuk mengorganisasikan materi pada RPP secara luas dan dalam, mencantumkan rubrik penilaian kinerja maupun kunci jawaban pada RPP, menggunakan metode dan model belajar yang lebih bervariasi, menggunakan media dan sumber belajar yang tidak hanya berasal dari buku teks, serta melakukan bimbingan belajar terhadap siswa.