SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Mind Map terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X MAN 3 Malang

Lutfiana Devi Kurniawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniawati, Lutfiana Devi. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Mind Map terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X MAN 3 Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si, (II) Ir. Juarti, M.P.

 

Kata Kunci :mind map, hasil belajar geografi.

 

Salah satu aplikasi pembelajaran konstruktivistik yang dapat membantu siswa untuk belajar lebih efektif dan efisien adalah model pembelajaran mind map. Mind map merupakan suatu cara untuk mengungkapkan pemikiran melalui suatu catatan yang menggambarkan hubungan antarkata, warna, dan gambar. Kelebihan mind map yaitu mempermudah siswa dalam mengingat dan mengembangkan pengetahuan. Selain itu, mind map juga membantu siswa mengonstruksikan materi yang telah diterima di sekolah dan disesuaikan dengan pengalaman siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran mind map terhadap hasil belajar Geografi siswa kelas X MAN 3 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan subjek penelitian kelas XC sebagai kelas eksperimen dan kelas XA sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes objektif dan subjektif untuk pre-test dan post-test. Teknik analisis yang digunakan adalah uji T tidak berpasangan menggunakan program SPSS 16.00 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran mind map terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X MAN 3 Malang. Berdasarkan hasil analisis data diketahui  bahwa hasil belajar (gainscore) siswa kelas eksperimen memiliki rata-rata 47,11 sedangkan hasil belajar siswa (gainscore) kelas kontrol memiliki rata-rata 40,57 dengan nilai taraf signifikansi uji t 0,014 lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran mind map terhadap hasil belajar Geografi siswa kelas X MAN 3 Malang pada materi Perairan Darat (Hidrosfer).

Disarankan bagi sekolah untuk mengadakan pelatihan, seminar maupun Lesson Study terhadap guru-guru tentang pembelajaran konstruktivisme, khususnya model pembelajaran mind map dalam kegiatan pembelajaran. Bagi guru Geografi dapat menggunakan model pembelajaran mind map sebagai alternatif model pembelajaran dengan perencanaan yang matang dan terperinci. Bagi peneliti lanjut yang berminat meneliti model pembelajaran mind map disarankan untuk menambah variabel penelitian dan mengelola waktu dengan baik agar model pembelajaran mind map terlaksana dengan baik.