SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Model REACT terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Malang

Estina Pravita Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Estina Pravita. 2013. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Model REACT terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si., Pembimbing (II) Dr. Budijanto, M. Sos.

 

Kata kunci: Pembelajaran kontekstual, model REACT, hasil belajar

 

Pembelajaran kontekstual merupakan konsep pembelajaran yang membantu guru dalam mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari, dan memotivasi siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dipelajarinya dengan kehidupan. Model REACT merupakan pengembangan dari pembelajaran kontekstual. Model Pebelajaran REACT adalah model pembelajaran yang dapat membantu guru untuk menanamkan konsep pada siswa dimana siswa diajak untuk menemukan konsep yang dipelajarinya, bekerjasama, menerapkan konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari dan mentransfer dalam kondisi baru.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran REACT terhadap hasil belajar Geografi kompetensi dasar menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan litosfer serta dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi di SMA Negeri 9 Malang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang belajar dengan model pembelajaran REACT lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh model pembelajaran REACT terhadap hasil belajar Geografi siswa.

Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi guru dalam mengajar karena model pembelajaran REACT terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar serta dapat dijadikan acuan untuk peneliti selanjutnya dalam melakukan penelitian terkait dengan pembelajaran kontekstual model REACT.