SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Balong Kabupaten Ponorogo

Fitria Devi Kartikasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Kartikasari, Fitria Devi. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Balong Kabupaten Ponorogo. Skripsi, Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si., (II) Drs. Hendri Purwito, M.Si.

 

Kata Kunci: model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), hasil belajar.

 

Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Balong pada kelas VII B terdapat beberapa permasalahan terkait dengan hasil belajar siswa. Pada saat pembelajaran sebagian besar siswa terlihat tidak memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru. Siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran disebabkan tidak adanya metode pembelajaran menarik yang melibatkan siswa secara aktif. Disamping itu, guru mendominasi pembelajaran dengan kegiatan ceramah. Permasalahan tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada Ulangan Harian (UH) 1 materi Bentuk Muka Bumi menunjukkan bahwa rata-rata skor mereka 65,81.

Permasalahan yang ditemukan di kelas VII B SMP Negeri 2 Balong ini diberikan sebuah solusi berupa penerapan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa dan permasalahan yang telah diungkapkan sebelumnya adalah model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Penerapan model NHT pada penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS Geografi siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Balong. Penelitian ini merupakan Penetitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian yang terdiri dari empat pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Balong yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes, dan wawancara.

Hasil penelitian pada siklus I dan II menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran NHT di kelas. Pada siklus I hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 69,96. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pra tindakan. Nilai pra tindakan diambil dari nilai UH 1 materi Bentuk Muka Bumi sebesar 65,81, sehingga peningkatan hasil belajar siswa setelah dilaksanakan siklus I sebesar 6,27%. Pada siklus II hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 85,27, sehingga meningkat sebesar 21,92% dari siklus I.

Berdasarkan kekurangan dan kelebihan yang ada pada penelitian ini disarankan: (1) Guru SMP Negeri 2 Balong perlu menerapkan model NHT sebagai salah satu alternatif model dalam pembelajaran di kelas. (2) Alokasi waktu pada setiap langkah pembelajaran perlu diperhitungkan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. (3) Semua langkah pembelajaran yang telah direncanakan sebelumnya perlu dilaksanakan secara menyeluruh agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik. (4) Teknik pengundian nomor pada penelitian ini dapat diterapkan pada saat pelaksanaan model NHT di kelas agar siswa selalu siap selama proses pembelajaran berlangsung. (5) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan model pembelajaran NHT dan memperbaiki kekurangan yang ada pada penelitian ini.