SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar sebagai Sumber Belajar pada Materi Atmosfer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas X MA Darunnajah Nganjuk

Dewi Mas'ula

Abstrak


ABSTRAK

 

Mas’ula, Dewi. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar sebagai Sumber Belajar pada Materi Atmosfer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MA Darunnajah Nganjuk. Skripsi, Jurusan Geografi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof Dr. Sumarmi, M.Pd (II)  Dr. Budijanto, M.Sos

 

Kata Kunci : pembelajaran berbasis masalah, lingkungan sekitar, hasil belajar

 

Guru merupakan salah satu unsur penunjang keberhasilan proses pembelajaran, maka seharusnya guru memiliki kemampuan dalam memilih model pembelajaran yang dapat merubah perilaku siswa yang berpengaruh pada hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar adalah model pembelajaran berbasis masalah. Model pembelajaran ini dapat meningkatkan pemahaman materi secara mendalam dan  melatih siswa untuk belajar secara aktif dan kooperatif untuk menyelesaikan masalah. Dalam pelaksanaan model pembelajaran ini bisa memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar untuk mencari informasi yang belum ada terkait permasalahan yang harus dipecahkan oleh siswa. Sumber belajar ini membuat siswa lebih semangat belajar karena pembelajaran dirasa tidak membosankan lagi.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MA Darunnajah dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X MA Darunnajah Nganjuk. Dalam penelitian ini menggunakan enam prosedur pengumpulan data yang terdiri dari observasi, tes, catatan lapangan, wawancara, angket dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajar mulai dari pra tindakan sampai siklus II. Berdasarkan hal tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan memanfaatkan lingkungan  sekitar sebagai sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada guru agar menjelaskan tahap demi tahap pembelajaran yang akan dilaksanakan secara jelas, membuat bahan observasi dan diskusi yang mudah dipahami siswa, menegur siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru dan pengaturan waktu yang tepat. Bagi  pihak sekolah disarankan untuk menyarankan kepada mata pelajaran lain untuk menerapkan model pembelajaran yang bisa melatih siswa berfikir aktif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi siswa disarankan untuk mengikuti segala proses pembelajaran dengan baik dan menumbuhkan rasa saling menghargai dan bagi peneliti selanjutnya disarankan agar dapat mengetahui karakteristik siswa yang akan diteliti dengan baik.