SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PEMBERDAYAAN BERPIKIR MELALUI PERTANYAAN (PBMP) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI POKOK BAHASAN ATMOSFER DAN HIDROSFER SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 SINGOSARI

Mahfud Ariska

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Ariska, Mahfud. 2009. Penerapan Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan PBMP) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Geografi Pokok Bahasan Atmosfer dan Hidrosfer Siswa Kelas VII C SMP Negeri 1 Singosari. Skripsi, Jurusan Geografi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Achmad Fatchan, M.Pd, M.P (II) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd.

 

Kata kunci:    Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan, aktivitas belajar, dan hasil belajar.

 

Berdasarkan observasi yang dilakukan pada bulan Pebruari sampai dengan Maret 2009 di kelas VII C diketahui bahwa jarang terdapat siswa yang aktif dalam proses pembelajaran. Pada pertemuan pertama, persentase aktivitas siswa hanya sebesar 31%, pada pertemuan kedua 31,4%, dan pertemuan ketiga 31,5%. Berdasarkan hasil ulangan harian peta, atlas, dan globe sebanyak 19 anak atau 52,7% dengan hasil tes di bawah Standart Ketuntasan Minimum (SKM). Berdasarkan nilai ulangan harian materi tenaga endogen dan eksogen siswa yang lulus berjumlah 9 atau 25%.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan ditambah 1 jam pelajaran untuk tes akhir siklus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII C semester genap tahun ajaran 2008-2009 SMP Negeri 1 Singosari yang berjumlah 36 siswa terdiri 12 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa diukur menggunakan deskriptor aktivitas belajar siswa, sedangkan hasil belajar siswa diukur berdasarkan selisih tes pada siklus I dengan tes pada siklus II. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes, lembar observasi aktivitas siswa dan catatan lapangan.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Singosari ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dari 45,31% pada siklus I pertemuan pertama menjadi 65,39% pada pertemuan kedua. Pada Siklus II menjadi 69,06% pada pertemuan pertama dan 80,4% pada pertemuan kedua. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui dari rata-rata nilai tes sebesar 75,76 pada siklus I dan meningkat menjadi 80,21 pada siklus II, sedangkan ketuntasan belajar siswa mengalami penigkatan pada siklus I sebesar 69,44% kemudian meningkat lagi menjadi 86,11% pada siklus II. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa melalui PBMP dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Disarankan bagi sekolah untuk menggunakan PBMP untuk perbaikan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi guru bidang studi IPS Geografi disarankan untuk menjadikan model PBMP sebagai salah satu pembelajaran alternatif, agar hasil belajar dan aktivitas siswa dapat lebih baik. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan model PBMP dengan metode yang berbeda serta aspek yang diteliti atau ditingkatkan juga berbeda.


Teks Penuh: DOC PDF