SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SEMESTER II TOPIK ATMOSFER

Fauzi Fatkurrohman

Abstrak


ABSTRAK

 

Fatkurrohman, Fauzi. 2012. Pengembangan Media CD Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X Semester II Topik Atmosfer. Skripsi, Jurusan Geografi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Soekamto, S.H., M.Pd., M.Si., (II) Drs. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd., M.Si.

 

Kata Kunci: Pengembangan, CD Pembelajaran interaktif, Atmosfer

 

Media CD Interaktif merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Penggunaan media CD pembelajaran interaktif dalam  pembelajaran dapat menimbulkan manfaat atau nilai tertentu dari segi penggunaannya, karena dalam penyampaianya memadukan unsur audio, visual serta interaktifitas sehingga dapat menarik minat pengguna. Berdasarkan observasi awal dilapangan bahwa di sekolah tersebut belum menggunakan CD pembelajaran dalam pembelajaran meskipun di sana tersedia sarana belajar yang memadai, luasnya materi tentang atmosfer dan terbatasnya waktu yang digunakan dalam penyampaian materi membuat siswa merasa jenuh dalam pembelajaran jika hanya menggunakan media sederhana dalam penyampaiannya. Oleh karena itu perlu adanya penyediaan sumber belajar berupa media pembelajaran yang didesain dalam bentuk CD pembelajaran interaktif.

Pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan media pembelajaran berupa CD pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Geografi kelas X Topik Atmosfer yang telah melalui proses validasi. Media CD pembelajaran Interaktif tersebut dapat digunakan  oleh siswa kelas X sebagai pembelajaran mandiri dan untuk keperluan individu, kelas, dan kelompok. Sehingga siswa memiliki variasi dalam menerima materi geografi khususnya topik atmosfer.

Pengembangan media CD pembelajaran interaktif ini menggunakan model pengembangan prosedural yang bersifat deskriptif. Pengembangan dilakukan dengan menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Dalam pengembangan tersebut terdiri dari dua tahap yaitu pengembangan CD pembelajaran interaktif sebagai media pembelajaran dan validasi media CD pembelajaran tersebut.

Hasil pengembangan media CD pembelajaran interaktif Mata Pelajaran Geografi Kelas X Topik Atmosfer di SMA Laboratorium UM diperoleh dari skor rata-rata beberapa aspek meliputi aspek tampilan, kemenarikan, bahasa, dan pengoperasian. Untuk aspek tampilan nilai rata-rata yang diperoleh dari murid adalah 91. Untuk aspek kemenarikan nilai rata-rata yang diperoleh dari murid adalah 88. Untuk aspek bahasa nilai rata-rata yang diperoleh dari murid adalah 83. Sedangkan untuk aspek pengoperasian nilai rata-rata yang diperoleh dari murid adalah 89. Sehingga rata-rata jumlah skor nilai yang diberikan audiens (murid) adalah 88 dengan kualifikasi sangat layak.

Berdasarkan hasil pengembangan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media CD Pembelajaran Interaktif pada mata pelajaran geografi kelas X topik atmosfer ini valid/layak digunakan sebagai media pembelajaran.