SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X di SMA Negeri 1 Batu

Candra Nuri Megawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Hidayati, Riska Wahyu. 2013. Penggunaan Media Fraction Circles untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Konsep Pecahan  di kelas III SDN Mulyorejo 3 Malang. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Tumardi,S.Pd,M.Pd,(II) Drs.H.Sutrisno,S.Pd,M.Pd.

 

Kata Kunci: media fraction circles, pecahan, kualitas pembelajaran

 

Berdasarkan hasil observasi, pemberian soal tes awal penjajakan, dan wawancara yang peneliti lakukan di kelas III SDN Mulyorejo 3 Malang saat pembelajaran matematika didapatkan fakta bahwa sebagian besar siswa masih belum memahami konsep pecahan. Selain itu pembelajaran yang dilakukan guru belum menggunakan media. Siswa cenderung pasif bahkan terlihat kurang termotivasi untuk belajar. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan upaya perbaikan pembelajaran agar lebih berkualitas dengan menggunakan media Fraction Circles untuk materi konsep pecahan.

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan penggunakan media Fraction Circles untuk meningkatkan kualitas pembelajaran konsep pecahan di kelas III SDN Mulyorejo 3 Malang, 2) mendeskripsikan peningkatan kualitas pembelajaran konsep pecahan setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media Fraction Circles. Kualitas pembelajaran yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu adanya perubahan tindakan pembelajaran yang dilakukan guru menjadi semakin baik dan adanya peningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa setelah menggunakan media Fraction Circles. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menujukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran konsep pecahan dengan menggunakan media Fraction Circles yaitu: 1) menarik perhatian siswa dengan melakukan apersepsi, 2) menginformasikan tujuan, manfaat, dan tahapan pembelajaran, 3) membentuk siswa menjadi beberapa kelompok, 4) membagiakan media Fraction Circles kepada setiap siswa, 5) mendemonstrasikan penggunaan media, 6) membagikan Lembar Kerja Kelompok (LKK), 7) membimbing dan memberikan penguatan, 8) memberi kesempatan kepada siswa untuk mengkomunikasikan hasil pekerjanya, 9) memberikan pertanyaan secara lisan kepada siswa mengenai pecahan, 10) memberikan soal evaluasi, 11) mengajak siswa menyimpulkan pembelajaran. Kualitas pembelajaran setelah dilakukan pembelajaran pecahan dengan menggunakan media Fraction Circles menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan siswa dari siklus I mencapai skor 74,5% menjadi 91 % pada siklus II. Selain itu terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang nampak pada nilai tes dari rata-rata pra tindakan sebesar 68,5 menjadi 78,10 pada siklus I dan menjadi 90,34 pada siklus II. Tindakan pembelajaran guru mengalami perbaikan dan peningkatan dari siklus I mencapai skor 80,25% menjadi 96,05% pada siklus II.