SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Metode Pemberian Tugas Individu Berdasarkan Observasi Lapangan (Outdoor Study) Terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMP

Risma Dwi Arisona

Abstrak


ABSTRAK

 

Arisona, Risma Dwi. 2012. Pengaruh Metode Pemberian Tugas Individu Berdasarkan Observasi Lapangan (Outdoor Study) Terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMP. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Achmad Fatchan, M. Pd, M. P, (2) Prof. Dr. Sugeng Utaya, M. Si.

 

Kata Kunci: observasi lapangan, karya ilmiah, hasil belajar.

 

Salah satu aplikasi pembelajaran kontekstual yang dianggap dapat meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah dan hasil belajar bagi anak didik adalah melalui pengamatan langsung kepada objek sesungguhnya (outdoor study) dan secara tidak langsung yang menggunakan objek tiruan/model, slide, dan atau video/film (indoor study). Akan tetapi, pola outdoor study memakan waktu relatif lama sehingga untuk mengatasinya digunakan metode pemberian tugas individu. Hasil penelitian terdahulu menunjukkan bahwa kemampuan menulis karya ilmiah dan hasil belajar Geografi yang diperoleh siswa yang menggunakan pola pembelajaran outdoor study lebih unggul dibandingkan indoor study. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran pemberian tugas individu berdasarkan observasi lapangan (outdoor study) terhadap kemampuan menulis karya ilmiah dan hasil belajar Geografi siswa SMP.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian ekperimen kuasi (Quasi Experimenal design) dengan desain non-equivalent (pre-test dan post-test) control-group design. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Temayang Jalan Raya Temayang Km 25 Bojonegoro. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juni dengan populasi penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Temayang-Bojonegoro dan sampel penelitian siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen. Instrumen dan teknik pengumpulan data terdiri dari dua, yaitu (1) Penilaian kemampuan menulis karya ilmiah (makalah) disesuaikan dengan format yang sudah ditetapkan, dan (2) Penilaian hasil belajar Geografi menggunakan pre-test dan post-test yang telah divalidasi isi dan tingkat kesulitannya, serta uji reliabilitas, dan daya beda. Analisa data yang digunakan adalah tabulasi silang dan anova satu jalur.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh dua simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, metode pembelajaran pemberian tugas individu berdasarkan observasi lapangan (outdoor study) berpengaruh terhadap kemampuan menulis karya ilmiah siswa SMP N 1 Temayang. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dan nilai hasil karya ilmiah yang melakukan observasi lapangan (outdoor study) rata-rata nilainya relatif tinggi dibandingkan yang hanya melihat dari tayangan video (indoor study). Kedua, metode pembelajaran pemberian tugas individu berdasarkan observasi lapangan (outdoor study) berpengaruh terhadap hasil belajar Geografi siswa SMP N 1 Temayang. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dan rata-rata nilai hasil belajar Geografi kelas eksperimen (outdoor study) yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (indoor study).

Disarankan guru menggunakan metode pemberian tugas individu berdasarkan observasi lapangan (outdoor study) sebagai variasi dalam mengajar guna meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah dan hasil belajar Geografi. Selain itu, pihak sekolah (kepala sekolah) harus melengkapi fasilitas di sekolah untuk menunjang siswa dalam pembuatan karya ilmiah. Disisi lain, guru harus memilih materi yang tepat agar hasil belajar yang diperoleh siswa maksimal.