SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kinerja Pelayanan dan Tanggapan Penumpang terhadap Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Jangkar di Kabupaten Situbondo

Alfian Zaki Ghufroni

Abstrak


ABSTRAK

 

Ghufroni, Alfian Zaki. 2012. Analisis Kinerja Pelayanan dan Tanggapan Penumpang terhadap Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Jangkar di Kabupaten Situbondo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd (II) Satti Wagistina, S.P, M.Si.

 

Kata Kunci: kinerja pelayanan, tanggapan penumpang, pelabuhan.

 

Pelabuhan Penyeberangan Jangkar merupakan pelabuhan yang melayani arus penyeberangan alternatif penumpang maupun barang yang menghubungkan Pulau Jawa (Kabupaten Situbondo) dan Pulau Madura dan Sepudi (Kabupaten Sumenep). Pelabuhan Jangkar mulai beroperasi pada tahun 1986. Pada kurun waktu tahun 1999-2005, Pelabuhan Jangkar merupakan pelabuhan yang cukup ramai dengan arus bongkar muat penumpang dan barang cukup tinggi. Namun pada perkembangan selanjutnya, jumlah arus penumpang dan barang yang dimuat dan dibongkar melalui pelabuhan ini terus mengalami penurunan. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan penelitian mengenai kinerja pelayanan dan tanggapan penumpang terhadap pelayanan Pelabuhan Jangkar.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kinerja jasa pelayanan serta mengetahui tingkat kepuasan pengguna jasa Pelabuhan Penyeberangan Jangkar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Data kinerja pelayanan diperoleh dari hasil observasi langsung, arsip UPTD Pelabuhan Jangkar, dan dokumentasi. Data mengenai tanggapan penumpang diperoleh dari kuesioner yang ditujukan kepada pengguna jasa pelabuhan, jumlah sampel ditentukan 100 orang dengan teknik quota sampling, pemilihan responden menggunakan metode incidental sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dan data tanggapan penumpang dianalisis dengan teknik IPA (Importance and Performance Analysis).

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, dari aspek kinerja pelayanan, Secara umum kinerja pelayanan pelabuhan cukup baik, akan tetapi masih memerlukan beberapa pembenahan guna memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada seluruh pengguna jasa Pelabuhan Jangkar. Kedua, berdasarkan tanggapan penumpang dengan teknik IPA diperoleh hasil secara umum pelayanan pelabuhan cukup memuaskan. Namun dari 9 indikator pelayanan, terdapat satu indikator yang berada pada kuadran dua yaitu asuransi kecelakaan penyeberangan. Artinya sebagian besar penumpang menginginkan perbaikan pada dua indikator tersebut dan harus menjadi prioritas dalam peningkatan pelayanan di pelabuhan ini.

Adapun saran untuk peningkatan kinerja Pelabuhan Jangkar adalah sebagai berikut. (1) Beberapa fasilitas di pelabuhan dengan kondisi tidak terawat atau rusak harus segera diperbaiki seperti dolphin dan trestle dermaga serta areal parkir kendaraan, dan tiga buah toilet pelabuhan. Perlu adanya peningkatan kualitas petugas operasional pelabuhan. Serta (2) dari aspek pelayanan penumpang, diperlukan adanya peningkatan pelayanan penumpang pada indikator asuransi kecelakaan penyeberangan.