SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS di MAN 2 Probolinggo.

Ira Daniati

Abstrak


ABSTRAK

 

Daniati, Ira. 2012. ” Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS di MAN 2 Probolinggo.” Skripsi, Jurusan Geografi. Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Budi Handoyo, M.Si, (II) Dr. Achmad Amirudin, M.Pd

 

Kata kunci: Pembelajaran Inkuiri dan Hasil Belajar

 

Observasi awal diketahui bahwa metode pembelajaran Geografi yang dilakukan di MAN 2 Probolinggo adalah ceramah, pemberian tugas, dan kerja kelompok. Metode yang digunakan masih kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa cenderung hanya menerima apa yang diberikan oleh guru. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Hal itu terlihat dari hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 34% dan rata-rata kelasnya sebesar 69,4. Jumlah ketuntasan belajar siswa itu kurang dari standar ketuntasan minimal (SKM) untuk mata pelajaran Geografi sebesar > 70 dan ketuntasan belajar klasikalnya sebesar > 85%. Hasil belajar tersebut perlu diperbaiki dengan menerapkan metode Inkuiri, karena metode ini mengajak siswa untuk lebih aktif dan membangun pengetahuan siswa, sehingga dengan diskusi yang membangun pengetahuan siswa, diharapkan pengetahuan siswa akan bertambah, dan hasil belajarnya juga meningkat.

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa. Upaya untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada bulan Oktober-Nopember 2011. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, Teknik pengumpulan data melalui tes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan mulai dari pra tindakan ke siklus 1 dan siklus 1 ke siklus 2. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra tindakan sebesar 69,4 pada siklus 1 meningkat menjadi 74,5 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 84,8. Ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan, pada proses pembelajaran pra tindakan sebesar 34%, siklus 1 sebesar 63%, dan pada siklus 2 menjadi 88%.

Berdasarkan hasil tersebut, disarankan: (1) bagi guru geografi agar menggunakan metode Inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (2) bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian sejenis dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran agar menggunakan metode Inkuiri dengan subjek penelitian yang berbeda. (3) guru harus bisa membatasi waktu untuk presentasi hasil diskusi masing-masing kelompok. (4) guru harus menjelaskan kepada siswa tahapan-tahapan dalam memecahkan masalah agar siswa tidak bingung.