SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pembelajaran Tugas Kelompok Berdasarkan Survei Lapangan (Outdoor Study) terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah dan Hasil Belajar Geografi Materi Permasalahan Kependudukan dan Penanggulangannya

Indah Dwi Kartika Ningrum, Indah Dwi Kartika Ningrum

Abstrak


ABSTRAK

Ningrum, Indah Dwi Kartika. 2012. Pengaruh Pembelajaran Tugas Kelompok Berdasarkan Survei Lapangan (Outdoor Study) terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah dan Hasil Belajar Geografi Materi Permasalahan Kependudukan dan Penanggulangannya. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan  Geografi Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Achmad Fatchan, M. Pd., M. P., Pembimbing (II) Prof. Dr. Sugeng Utaya, M. Si.

 

Kata kunci: outdoor study, tugas kelompok, makalah, hasil belajar Geografi

Outdoor study merupakan suatu model dimana guru mengajak siswa belajar di luar kelas untuk melihat peristiwa langsung di lapangan dengan tujuan mengakrabkan siswa dengan lingkungannya sebagai sumber belajar. Melalui pembelajaran survei lapangan, lingkungan di luar sekolah dapat digunakan sebagai sumber belajar sehingga siswa lebih termotivasi dan tidak cepat bosan dalam mengikuti kegiatan belajar. Pembelajaran survei lapangan (outdoor study) pada pengajaran pemberian tugas kelompok ini menjadi sarana memupuk kreatifitas inisiatif kemandirian, kerjasama pada materi pelajaran serta melatih siswa untuk membuat karya ilmiah (makalah).

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembelajaran pemberian tugas kelompok berdasarkan survei lapangan (outdoor study) terhadap kemampuan menulis karya ilmiah dan hasil belajar geografi materi permasalahan kependudukan dan penanggulangannya di SMP Negeri 1 Durenan.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi yang dirancang untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tugas kelompok berdasarkan survei lapangan (outdoor study) terhadap kemampuan menulis karya ilmiah dan hasil belajar geografi dibandingkan dengan pembelajaran tugas kelompok berdasarkan pembelajaran di kelas dengan menggunakan media data monografi desa (indoor study) terhadap kemampuan menulis karya ilmiah dan hasil belajar Geografi materi permasalahan kependudukan dan penanggulangannya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran tugas kelompok berdasarkan survei lapangan terhadap kemampuan menulis karya ilmiah dan hasil belajar geografi yang ditunjukkan  dengan rata-rata nilai karya ilmiah (makalah) pada pengujian hipotesis makalah diperoleh nilai Fhitung (7,114) > Ftabel (4,00) yang berarti ada pengaruh pembelajaran kelompok berdasarkan survei lapangan (outdoor study) terhadap kemampuan siswa dalam menulis karya ilmiah (makalah). Sedangkan hasil belajar Geografi kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yang ditunjukan dengan perolehan nilai Fhitung (7,114) > Ftabel (4,00) yang berarti ada pengaruh pembelajaran tugas kelompok berdasarkan survei lapangan (outdoor study) terhadap hasil belajar siswa Geografi.

Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi guru dalam mengajar agar siswa lebih antusias dan tidak bosan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran serta dapat dijadikan acuan untuk peneliti selanjutnya dalam melakukan penelitian terkait dengan pembelajaran outdoor study.