SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model pembelajaran Course Review Horay (CRH) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X-5 SMA Negeri 1 Batu

Aksarina Shanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Shanti, Aksarina. 2012. Penerapan Model pembelajaran Course Review Horay (CRH) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X-5 SMA Negeri 1 Batu . Skripsi. Jurusan Geografi Program Studi Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Timotius Suwarna, M.Pd, (II) Purwanto, S.Pd, M.Si,

 

Kata Kunci : model pembelajaran Course Review Horay (CRH), aktivitas belajar, hasil belajar

Masalah yang sering muncul sebagai salah satu penyebab rendahnya kualitas pendidikan adalah penerapan model pembelajaran yang belum mampu mengembangkan aktivitas belajar  siswa. Permasalahan tersebut dapat mengakibatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa rendah. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas X-5 SMAN 1 Batu diketahui bahwa rata-rata skor aktivitas siswa saat observasi awal sebesar 17,09. Rendahnya aktivitas siswa  juga mempengaruhi hasil belajar siswa. Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada observasi awal sebesar 51,69. Sehingga, diperlukan suatu perubahan proses pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang akan berpengaruh terhadap hasil belajar, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran Course Review Horay (CRH).Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-5 SMAN 1 Batu pada mata pelajaran geografi.

 

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar observasi dan soal tes. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, tes tulis dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan membandingkan nilai hasil belajar dan skor aktivitas siswa pada observasi awal, siklus I dan siklus II, dst.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada observasi awal 17,09. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 4,19 pada siklus I dan mengalami peningkatan sebesar 3,15 pada siklus II. Penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) tidak hanya meningkatkan aktivitas belajar siswa, juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada observasi awal 51,62. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 24,19 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 9,25. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

 

Disarankan kepada guru Geografi di SMAN 1 Batu, bahwa model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dapat digunakan sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, agar kualitas pembelajaran semakin meningkat.