SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Alat Peraga Sumber Daya Alam Pada Kelas XI Mata Pelajaran Geografi Topik Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui

Abd Rahman Halim

Abstrak


ABSTRAK

 

Mata pelajaran geografi tentang sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui memuat banyak konsep kongkrit yang contohnya belum banyak dikenal siswa kelas XI seperti minyak bumi, batu bara, emas, perak, bauksit, belerang, kuarsa dan mineral lainnya. Agar contoh-contoh tersebut mudah untuk dikenali oleh siswa maka diperlukan bantuan alat peraga. Alat peraga dalam pembelajaran memiliki banyak fungsi di antaranya: (a) meningkatkan minat belajar siswa. (b) meningkatkan pemahaman dan daya ingat siswa. (c) memberikan pengalaman baru bagi siswa. Di samping alasan tersebut pengembangan alat peraga diperkuat oleh hasil penelitian Hartati (2010:128) bahwa ”pengembangan alat peraga secara signifikan mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dan hasil belajar”.

 

Tujuan penelitian ini adalah pengembangan alat peraga yang dapat menunjukkan wujud nyata tiga dimensi dan diamati secara langsung dari objek sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini dirancang menggunakan model pengembangan prosedural yang bersifat deskriptif, yang terdiri dari perumusan tujuan, analisis bahan ajar,  desain media, produksi, validasi produk, revisi 1, uji coba produk, revisi 2 dan produk akhir. Data  penelitian bersifat  kuantitatif  dan diperoleh dari data hasil uji coba produk di sekolah. Data tersebut dianalisis dengan teknik deskriptif persentase.

 

Hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi dan ahli media berupa saran dan rekomendasi diketahui bahwa alat peraga ini dapat diuji cobakan. Hasil uji coba produk diperoleh nilai 86% dengan kriteria ”layak”. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba tersebut disimpulkan bahwa alat peraga sumber daya alam layak digunakan sebagai alat peraga di sekolah.

 

Beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan manfaat dan pengembangan produk yang akan datang diajukan adalah: (1) pengembangan lebih lanjut disarankan menggunakan bahan-bahan yang lebih modern dan praktis dalam memobilisasinya., (2) agar menggunakan desain yang lebih baik dan unik untuk penampilan luar dari produk agar dapat terlihat lebih menarik bagi calon pengguna produk, (3) diharapkan kepada pengembang lebih lanjut untuk melengkapi objek mineral yang belum tersedia pada alat peraga seperti nikel, timah, alumunium, mangaan, tembaga, intan, tras, dan lainnya.