SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Komik Geografi Topik Lingkungan untuk Siswa SMP Kelas VIII

Tantri Christiani

Abstrak


ABSTRAK

Christiani, Tantri. 2012.  Pengembangan Media Komik Geografi Topik Lingkungan untuk Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, FIS, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:

(I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd., (II) Drs. Djoko Soelistijo, M.Si.

 

 

Kata Kunci: media komik, lingkungan, SMP kelas VIII

Pembelajaran topik lingkungan cenderung masih bersifat verbalistis. Padahal berdasarkan analisis materi, terdapat 4 sub pokok bahasan yang akan sulit dipahami oleh siswa tanpa bantuan media gambar. Penyampaian materi yang didominasi simbol verbal berpotensi menyebabkan terjadinya kekurangberhasilan atau bahkan kegagalan penafsiran. Sedangkan, simbol visual dapat memperjelas suatu masalah dalam bidang apa saja dan untuk tingkat usia berapa saja, sehingga dapat mencegah atau membetulkan kesalahpahaman. Media komik merupakan media visual yang memiliki keunggulan, yaitu: visualisasi di dalam komik dapat digunakan untuk menarik minat baca siswa, visualisasi akan memudahkan siswa memahami konsep-konsep lingkungan, serta media ini disukai oleh siswa sehingga komik akan lebih menarik dan memotivasi siswa untuk memahami materi yang disampaikan.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk dalam bentuk media pembelajaran komik geografi topik lingkungan yang dapat meningkatkan minat baca siswa dan memudahkan siswa dalam memahami konsep-konsep lingkungan.Hasil penelitian ini adalah 1) visualisasi di dalam komik sudah cukup representatif, 2) materi yang ada di dalam komik sudah mencukupi, 3) perlu dilakukan revisi untuk lebih mengoptimalkan visualisasi dan penyajian materi di dalam komik, 4) media terkategori ”cukup layak” karena terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari nilai rata-rata sebelum menggunakan media adalah 44 menjadi 70 setelah menggunakan media, 5) media terkategori ”valid” karena persentase angket berada pada rentang 80-100%. Dengan demikian, disimpulkan bahwa produk valid dan cukup layak digunakan sebagai media pembelajaran geografi di SMP kelas VIII dengan penambahan sesuatu yang kurang, melakukan pertimbangan tertentu, dan perubahan yang dilakukan tidak terlalu besar dan tidak mendasar.