SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Model Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar IPS Geografi Kelas VII SMP Negeri 4 Malang

Nurul Hidayati

Abstrak


ABSTRAK

 

Hidayati, Nurul. 2009. Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Model Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar IPS Geografi Kelas VII SMP Negeri 4 Malang. Skripsi, Jurusan Geografi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd, (II) Dra. Yuswanti Ariani Rahayu, M.Si.

 

Kata kunci:  hasil belajar, pembelajaran kooperatif model TAI

 

            Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan memperbesar peluang pencapaian keberhasilan belajar siswa. Pemilihan model pembelajaran harus memperhatikan kemampuan siswa yang secara umum tidak sama antara siswa satu dengan yang lain. Faktor utama adalah intelegensi dan latar belakang siswa yang beragam. Selain itu daya serap terhadap materi pelajaran antara siswa satu dengan siswa yang lain tidak sama sehingga mempengaruhi hasil belajar yang dicapai. Oleh karena itu guru perlu alternatif model pembelajaran untuk mengatasi keberagaman karakteristik siswa tersebut, salah satunya adalah dengan pembelajaran individual. Namun demikian, banyaknya  jumlah siswa dalam kelas dan berbagai kekurangan dalam pembelajaran individu seperti efektivitas pembelajaran, waktu, tenaga, dan tuntutan kurikulum, serta kendala yang lain, maka pembelajaran individu sangat tidak memungkinkan untuk dilaksanakan. Alternatif yang dapat dilakukan guru yaitu melalui penggunaan model pembelajaran yang mengarah pada pembelajaran individu secara terprogram. Adapun model pembelajaran yang sesuai dengan permasalahan tersebut adalah Model Team Assisted Individualization (TAI). Model TAI dirancang sebagai model pembelajaran yang mengkombinasikan pembelajaran individu dengan pembelajaran kooperatif. Dengan Model TAI maka kelemahan yang ada dalam pembelajaran individu maupun pada pembelajaran kooperatif dapat diminimalisir dengan kelebihan yang ada pada keduanya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model TAI terhadap hasil belajar IPS Geografi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment), menggunakan rancangan Pretest-posttest Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol, siswa kelas VII SMPN 4 Malang. Instrumen penelitian berupa tes yang terdiri dari prates dan pascates. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan SPSS 14.00 for Windows.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar IPS Geografi siswa yang menggunakan Model TAI lebih baik daripada siswa yang tidak menggunakan Model TAI. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa penggunaan Model TAI berpengaruh pada hasil belajar IPS Geografi siswa.

Saran yang diajukan untuk guru bidang studi Geografi adalah menjadikan Model TAI sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah mengujicobakan Model TAI pada materi berbeda dan jenjang kelas atau sekolah yang lebih tinggi, serta  mengkombinasikan dengan media pembelajaran yang lebih variatif sehingga tampak pengaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa dan memperoleh manfaat yang lebih besar dari Model TAI.