SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SMAN 1 BATU PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI

RIA AYU PUSPITASARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Puspitasari, Ria Ayu. 2012. Hubungan antara Kebiasaan dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Batu pada Mata Pelajaran Geografi. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Hadi Soekamto, S.H., M.Pd, M.Si. (2) Purwanto, S.Pd., M.Si.

 

Kata Kunci: Kebiasaan belajar, Motivasi belajar, Hasil belajar siswa

 

Keefektifan proses belajar mengajar dapat tercermin dari hasil belajar siswanya. Di SMA Negeri 1 Batu banyak siswa yang mengalami masalah dalam belajarnya, akibatnya hasil belajar Geografi yang dicapai tergolong rendah. Faktor yang mempengaruhi hasil belajar Geografi perlu diketahui dan diteliti sehingga dapat dilakukan upaya-upaya guna meningkatkan hasil belajar Geografi. Ada banyak faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini dikaji dua faktor yang dianggap mempengaruhi, yaitu kebiasaan dan motivasi belajar.

Tujuan dari penelitian adalah: membuktikan adanya hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Batu, membuktikan adanya hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Batu pada mata pelajaran Geografi, dan membuktikan adanya hubungan antara kebiasaan dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Batu pada mata pelajaran Geografi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Batu pada bulan April 2012 dengan populasi sebesar 454 siswa yang terdiri dari kelas X dan XI IPS. Sampel yang diambil sebesar 210 siswa dengan teknik proporsional random sampling. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan instrumen penelitian berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan analisis korelasi berganda.

Berdasarkan deskripsi data setelah dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas terlebih dahulu untuk instrumen angket, diketahui bahwa kebiasaan belajar siswa memiliki klasifikasi cukup baik. Variabel motivasi belajar siswa tergolong cukup baik. Sedangkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi tergolong kurang baik. Artinya bahwa kebiasaan dan motivasi belajar tergolong cukup baik dengan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Batu yang kurang baik. Berdasarkan analisis korelasi ganda yang telah lulus uji asumsi (data berdistribusi normal dan homogen), diketahui bahwa ada hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa dengan bukti Sig. (0,034) < α (0,05). Sedangkan untuk variabel motivasi belajar terbukti ada hubungan dengan hasil belajar siswa karena Sig. (0,042) < α (0,05). Selain itu diketahui secara bersama-sama terdapat hubungan antara kebiasaan dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa sebesar 23%.