SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Examples non Examples untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Geografi Siswa kelas VII MTs Miftahul Ulum Dampit Kabupaten Malang pada materi Hidrosfer

Dzaki Fahmil Fikri

Abstrak


ABSTRAK

 

Fikri, Dzaki Fahmil. 2012. Penerapan Model Pembelajaran    Kooperatif Examples non Examples untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Geografi Siswa kelas VII MTs Miftahul Ulum Dampit Kabupaten Malang pada materi Hidrosfer. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si (II) Satti Wagistina, S.P, M.Si.

 

Kata kunci: examples non examples, hasil belajar.

 

Observasi awal diketahui bahwa metode pembelajaran IPS Geografi yang dilakukan oleh guru mata pelajaran kelas VII di MTs Miftahul Ulum Dampit adalah ceramah dan diskusi. Metode yang digunakan masih kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, kurang aktifnya siswa dalam diskusi kelompok karena tidak ada tanggung jawab individu dan kerjasama dalam belajar bersama, dan kemampuan siswa dalam mempelajari tentang suatu konsep kurang, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa dalam mencapai kompetensi dasar masih rendah. Hal itu terlihat dari hasil belajar siswa dengan rata-rata kelasnya sebesar 69,34. Hasil belajar tersebut perlu diperbaiki dengan menerapkan model pembelajaran Examples non Examples,  karena dengan model Examples non Examples siswa dapat mengemukakan pendapat tentang konsep yang dipelajari sehingga siswa menjadi lebih mendalami materi, siswa lebih kritis dalam melihat fenomena lingkungan, dan meningkatkan kerjasama siswa.

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa. Upaya untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini dirancang dengan model penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan Mei–Juni 2012. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, teknik pengumpulan data melalui tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif  kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan mulai dari pra tindakan ke siklus 1 dan siklus 1 ke siklus 2. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra tindakan sebesar 69,34 pada siklus 1 meningkat menjadi 75,66 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 80,31.

Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Examples non Examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Hidrosfer. Model pembelajaran ini sebaiknya diterapkan oleh guru IPS Geografi karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat tentang konsep yang dipelajari sehingga siswa menjadi lebih mendalami materi. Penggunaan model pembelajaran Examples non Examples  sebaiknya dikembangkan pada kompetensi dasar lain.