SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Potensi Mata Air Geger (C4, F12) sebagai Suplai Kebutuhan Air Bersih Penduduk Kecamatan Sendang Tulungagung

Aisyah Trees Sandy

Abstrak


ABSTRAK

 

Sandy, Aisyah Trees. Evaluasi Potensi Mata Air Geger (C4,F12) sebagai Suplai Kebutuhan Air Bersih Penduduk Kecamatan Sendang Tulungagung. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Bagus Setiabudi Wiwoho, S.Si, M.Si (II) Drs. J.P Buranda, M.Si

 

Kata kunci: potensi mata air, kebutuhan air bersih, evaluasi potensi mata air

 

Kecamatan Sendang merupakan salah satu kecamatan di Tulungagung yang memanfaatkan potensi sumber mata air untuk memenuhi kebutuhan air bersih penduduk yang dikelola oleh PDAM Kabupaten Tulungagung dengan dibantu cabang pembantu PDAM Kecamatan Sendang yaitu mata air Geger (C4, F12), namun distribusi air PDAM di Kecamatan Sendang, mulai tahun 2007 mengalami hambatan, yaitu distribusinya belum merata di seluruh desa di Kecamatan Sendang, misalnya air yang mengalir hanya tiap dua hari sekali sehingga diperlukan penelitian untuk membantu menyelesaikan permasalahan  berkenaan dengan kebutuhan air bersih oleh PDAM. Penelitian ini memfokuskan pada potensi mata air (kuantitas dan kualitas), jumlah kebutuhan air penduduk setiap hari, serta membandingkan kebutuhan air penduduk dengan debit mata air Geger.

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahuai kuantitas mata air Geger (C4,F12) Kecamatan Sendang. 2) Mengetahui kebutuhan air bersih penduduk Kecamatan Sendang. 3) Mengevaluasi potensi mata air Geger (C4,F12) dalam memenuhi kebutuhan air bersih penduduk Kecamatan Sendang. Jenis penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survey berdasarkan data debit mata air selama 6 bulan dari PDAM Kecamatan Sendang. Objek dari penelitian ini terdiri dari obyek fisik (mata air) dan obyek sosial (penduduk) dengan pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling. Pengambilan sampel terbagi menjadi dua yaitu pengambilan sampel daerah dan pengambilan sampel penduduk sesuai dengan mata pencaharian. Analisis data dilakukan dengan membandingkan kebutuhan air penduduk setiap hari dengan debit mata air Geger (C4,F12).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Debit mata air Geger yang bersumber dari C4 selama satu tahun rata-rata (musim penghujan) sebesar 3 liter/detik sedangkan F12 sebesar 4 liter/detik sedangkan pada musim kemarau sebesar 2,5 liter/detik (C4) dan 3,5 liter/detik (F12). Adapun Jalur pendistribusian air dari sumber mata air sampai ke penduduk memiliki perbedaan ukuran pipa di beberapa desa. 2) Kebutuhan air bersih penduduk Kecamatan Sendang dalam sehari berdasarkan data primer yang diperoleh dari wawancara sebesar 278.122,282 liter/detik sedangkan debit mata air pada musim penghujan sebesar 604.800 liter/hari (bulan September 2011-Maret 2012) sedangkan apda muism kemarau sebesar 518.400 liter/hari (bulan April 2011-Agustus 2011) . 3) Hasil perbandingan kebutuhan air bersih penduduk dengan debit mata air Geger menunjukkan bahwa mata air Geger dapat memenuhi kebutuhan air bersih penduduk setiap hari yaitu pada musim kemarau debit mata air sebesar 518.400 liret/hari dan pada musim penghujan sebesar 604.800 liter/hari sedangkan kebutuhan air bersih penduduk sebesar 278.122,282 liter/hari.