SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN KOPI ROBUSTA (Coffea canephora) PADA BENTUK LAHAN ASAL VOLKANIS DI KECAMATAN PASRUJAMBE KABUPATEN LUMAJANG

Ainun Zahriyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Zahriyah, Ainun. 2012. Evaluasi Kesesuaian Lahan untuk Tanaman Kopi Robusta (Coffea canephora) Pada Bentuk Lahan Asal Volkanis Di Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang. Skripsi, Jurusan Geografi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd, M.Si, (II) Ir. Juarti, M.P.

 

Kata kunci: evaluasi kesesuaian lahan, kopi robusta, bentuk lahan asal volkanis

Secara ekonomis penggunaan lahan untuk pertanian merupakan tindakan yang cukup mempunyai prospek ekonomi bagi masa depan. Penggunaan lahan untuk keperluan produksi pertanian berkaitan dengan tujuan peningkatan produksi pertanian dan hasil yang tinggi serta lestari. Kecamatan Pasrujambe adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Lumajang yang memiliki bentuk lahan asal Volkanis dan merupakan daerah yang banyak mengembangkan tanaman kopi Robusta. Luas lahan perkebunan rakyat total untuk tanaman kopi di Kecamatan Pasrujambe pada tahun 2010 adalah 732 Ha, namun nilai produktivitas tanaman kopi Robusta di Kecamatan Pasrujambe yang sebesar 550 Kg/Ha/Tahun masih lebih rendah jika dibandingkan dengan produktivitas tanaman kopi Robusta di Kecamatan Tempursari yang luas lahannya lebih kecil. Perkebunan kopi di beberapa desa di Kecamatan Pasrujambe juga ditanam pada lahan curam, hal ini dikhawatirkan akan memicu terjadinya erosi. Selain itu, penanaman dan perluasan tanaman kopi Robusta saat ini dilakukan oleh petani pada lokasi bekas penebangan. Jika kegiatan budidaya tanaman kopi terus dilakukan tanpa diikuti dengan kegiatan evaluasi kesesuaian lahan maka dapat merugikan penggunanya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik lahan dan mengevaluasi kesesuaian lahan untuk tanaman kopi Robusta. Penelitian ini merupakan penelitian survei.  Data diambil berdasarkan dokumentasi, pengamatan di lapangan, pengukuran di lapangan, hasil uji laboratorium dan wawancara. Sampel yang diambil dalam penelitian sebanyak lima sampel. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan cara tumpang susun (overlay) empat peta yaitu Peta Bentuk Lahan, Peta Jenis Tanah, Peta Kemiringan Lereng, dan Peta Penggunaan Lahan. Metode analisis dalam penelitian ini adalah membandingkan (matching) yang berpedoman pada Pusat Penelitian Tanah dan Agroklimat Departemen Pertanian Versi 4 Tahun 2003.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik lahan di Kecamatan Pasrujambe secara umum adalah temperatur/suhu rata-rata 24,05oC, curah hujan 2602,15 mm, drainase baik, bahan kasar < 15 %, kedalaman efektif tanah > 75 cm, KTK Liat > 16, kejenuhan basa > 20, pH H2O 6,0 – 6,5, C-organik > 0,8, salinitas 40 %, bahaya erosi sangat ringan – sedang, batuan di permukaan < 5 % dan singkapan batuan < 5 %. Kesesuaian lahan untuk tanaman Kopi Robusta pada satuan bentuk lahan asal Volkanis di Kecamatan Pasrujambe pada Unit lahan 1.A.I.K adalah cukup sesuai (S2nr), pada Unit lahan 2.B.I.K  adalah cukup sesuai (S2oa, nr, eh), pada Unit lahan 2.B.II.K adalah cukup sesuai (S2nr, eh), pada Unit lahan 2.B.III.K adalah sesuai marginal (S3rc, eh) dan pada Unit lahan 4.D.I.K adalah sesuai marginal (S3rc).