SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share(TPS) Berbasis Keterampilan Berfikir Kritis untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa Kelas VII-F SMPN18 Malang

Febri Permitasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Permitasari, Febri. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share(TPS) Berbasis Keterampilan Berfikir Kritis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIF SMPN 18 Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Budi Handoyo, M.Si, (II) Drs. J.P Buranda, M.Si

 

Kata kunci: Think Pair Share, hasil belajar

 

Hasil wawancara dan observasi awal dilakukan di SMP Negeri 18 Malang diketahui bahwa kelas VII-F merupakan kelas yang nilainya paling rendah diantara kelas yang lain. Guru menggunakan metode ceramah dalam kegiatan pembelajaran, hal ini menyebabkan siswa kurang memahami materi. Melihat hasil observasi awal yang telah dilakukan, perlu dilakukan upaya-upaya yang mampu memperbaiki kondisi kelas. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model Think Pair Share (TPS) berbasis kemampuan berfikir kritis.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan, setiap siklus terdiri dua kali pertemuan selama 2 jam pelajaran. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini siswa kelas VII-F semester genap tahun ajaran 2011-2012 SMP Negeri 18 Malang dengan jumlah 42 siswa, terdiri dari 25 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa diamati selama pembelajaran, sedangkan hasil belajar diukur di setiap tes akhir siklus. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, soal tes dan catatan lapangan.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang  diketahui berdasarkan nilai rata-rata siswa dari tes yang dilakukan di setiap akhir siklus sebesar 67,42 pada siklus pertama dan meningkat menjadi 71,82 pada siklus kedua. Peningkatan hasil belajar siswa selama dilakukannya tindakan sebesar 6,05%.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan model Think Pair Share berbasis kemampuan berfikir kritis dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-F SMP Negeri 18 Malang pada materi Atmosfer dan Hidrosfer. Guru geografi disarankan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share berbasis kemampuan berfikir kritis sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan memperhatikan alokasi waktu dan pengelolaan kelas dengan matang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRAK

 

Permitasari, Febri. 2012. The Application of Think Pair Share Teaching and Learning Model Based on Critical Thinking to Improve the Students Result in State Junior High School 18 Malang. Skripsi, Geography Education Department, Social Science Faculty, State University of Malang. Advisors: (I) Drs. Budi Handoyo, M.Si, (II) Drs. J.P Buranda, M.Si

 

Kata kunci: Think Pair Share, students result

 

The result of interview and first observation was done in Junior High School 18 Malang find that VII-F class is the only class which has the lowest score among the other class. The teacher uses lecturing method in learning process, that is why their students did’nt know more about understanding material. From the result of observation which have done, improving condition of that class is needed. The way to solve that problem is doing Think Pair Share which based on critical thinking

            This research is an action research which is done in two cycle, each cycle contains two meeting for two hours. Subject for this research are the students of VII-F class second semester in 2011-2012 Junior High Scholl 18 Malang that contains of  25 boys and 17 girls. The taken data in this research contains result of students activity. The activities are being observed in teaching learning process, while the result are measured in every cycle post test. The used instrument is observation sheet, test question and some notes.

            That improvement of students result can be seen based on the average score of students test at the end of every cycle about 67,42 in the first cycle and increase about 71,82 in the second cycle. Their increasing result during this research about 6,05 percent.

            Based on the result, Think Pair Share (TPS) model which uses the skill of critical thinking can impove results of students in VII-F class Junir High Scholl 18 Malang at Atmosfer and Hidrosfer. Geography teachers re suggested to do TPS based on critical thinking as an alternative method to increase student critical thinking skill and also pay attention on timing and a good classroom management.