SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Geografi pada Siswa Kelas XI IPS 2 MAN Mojokerto Kabupaten Mojokerto

Syifa'ur Rokhmah

Abstrak


ABSTRAK

 

Rokhmah, Syifa’ur. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Geografi pada Siswa Kelas XI IPS 2 MAN Mojokerto Kabupaten Mojokerto. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Achmad Amirudin, M.Pd, (II) Drs. J.P. Buranda, M.Si.

 

Kata kunci: keaktifan belajar, hasil belajar, model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI)

Upaya peningkatan kualitas sumberdaya manusia Indonesia salah satunya dilakukan melalui peningkatan kualitas pendidikan. Sebagai salah satu inovasi untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia adalah dengan melakukan berbagai macam kebijakan, salah satunya mulai dari perbaikan kualitas pengajar dan kualitas pembelajaran. Dengan adanya perbaikan ini diharapkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia semakin meningkat. Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara dengan guru yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 13 Januari 2012 diperoleh gambaran kondisi siswa di Kelas XI IPS 2 MAN Mojokerto yakni siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Keaktifan siswa dalam menganalisis masih tergolong rendah, kondisi tersebut perlu diperbaiki agar kompetensi pembelajaran dapat tercapai.

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Geografi siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization (TAI). Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas yang menuntut peneliti untuk terlibat langsung dalam proses penelitian mulai dari perencanaan, penelitian hingga pelaporan data. Kegiatan penelitian terdiri dari 2 siklus penelitian, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan 4 tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi. Penelitian dilaksanaan di kelas XI IPS 2 MAN Mojokerto dengan jumlah siswa 39 orang, pada Kompetensi Dasar Menganalisis pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS 2 MAN Mojokerto pada bulan Februari sampai Maret 2012, dan data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah keaktifan belajar geografi yang dimiliki siswa mengalami peningkatan dari pra tindakan ke siklus I, dan dari siklus I ke siklus II. Besarnya rata-rata peningkatan yang pertama adalah peningatan keaktifan belajar siswa secara klasikal yakni pada pra tindakan sebesar 45,89 meningkat pada siklus I sebesar 68,67 dan meningkat menjadi 84,89 pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui berdasarkan nilai siswa dari tes yang dilakukan 1 minggu setelah siklus berakhir. Pada Siklus I rata-rata nilai siswa mencapai 69,73, pada Pra Tindakan sebesar 48,50, sedangkan rata-rata nilai pada Siklus II mencapai 84,04.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model TAI. Disarankan kepada para guru Geografi untuk mencoba menerapkan model Team Assisted Individualization (TAI) agar kualitas pembelajaran Geografi semakin meningkat. Kepada pihak sekolah disarankan agar memberikan fasilitas yang menunjang keberhasilan penerapan model tersebut di sekolah.