SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Kesesuaian Lahan Untuk Budidaya Tanaman Salak Pondoh (salacca edulis Reinw) di Kabupaten Malang Bagian Timur

Izza Annisak

Abstrak


ABSTRAK

 

Annisak, Izza. 2012. Evaluasi Kesesuaian Lahan untuk Budidaya Tanaman Salak Pondoh (salacca edulis Reinw) di Kabupaten Malang Bagian Timur. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Ir. Juarti, M.P, (II) Purwanto, S.Pd, M.Si

 

Kata Kunci: evaluasi lahan, salak pondoh.

 

            Pengembangan sektor pertanian setiap kabupaten dapat dilakukan dengan mengoptimalkan produksi komoditas unggulan melalui evaluasi kesesuaian lahan. Evaluasi kesesuaian lahan ditekankan untuk menemukan lokasi yang tepat dalam budidaya komoditas unggulan tersebut. Kabupaten Malang memiliki komoditas unggulan buah salak. Salak pondoh memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi dibandingkan salak swaru sehingga menjadi komoditas baru untuk lebih dikembangkan. Berdasarkan karakteristik daerah asal salak pondoh maka pengembangan salak diarahkan pada lereng Gunung Semeru sebelah timur, yakni Kabupaten Malang bagian timur, meliputi : Kecamatan Poncokusumo, Tumpang dan Wajak yang saat ini mengalami kendala dalam membudidayakan apel dan sayur-sayuran disebabkan oleh harga biaya perawatan mahal serta abu vulkanik Gunung Semeru yang merusak tanaman tersebut. Dengan demikian salak pondoh dapat dijadikan alternatif baru untuk di kembangkan di Malang bagian timur.

            Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik unit lahan di SSWP Malang bagian timur dan tingkat kesesuaian lahan untuk tanaman salak pondoh di SSWP Malang timur.

            Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi awal, dokumentasi, pengukuran di lapangan dan uji laboratorium. Sampel ditentukan menggunakan purposive sampling dari hasil overlay Peta Tanah skala 1:250.000, Peta Kemiringan Lereng skala 1:250.000 dan  Peta Penggunaan Lahan skala 1:250.000. Metode analisis yang digunakan adalah matching yaitu membandingkan hasil pengukuran pada setiap unit lahan penelitian dengan pedoman klasifikasi kesesuaian lahan tanaman salak.

Hasil penelitian menunjukkan karakteristik unit-unit lahan di Malang bagian timur yaitu temperatur rata-rata tahunan antara 22˚C – 23,5˚C; curah hujan 23000 mm/th; kondisi drainase baik hingga agak baik; tekstur tanah berupa lempung, pasir berlempung dan pasir; bahan kasar <15%; kedalaman efektif >100cm; nilai KTK liat antara 12-26; nilai kejenuhan basa antara 20%-50%; pH H2O 5,5 – 6,0; C-organik <1%, Tingkat salinitas <1 ms; alkalinitas antara 2-12 %; kemiringan lereng 2-10%; tingkat bahaya erosi tergolong ringan; tidak pernah mengalami banjir; tidak terdapat batuan dan <2% permukaan tanah tertutup. Tingkat kesesuaian lahan untuk tanaman salak pondoh adalah sesuai marginal (S3) untuk unit lahan IIsb1, IVkb3 dan VIIteg3 dan tidak sesuai (N) untuk unit lahan VIteg3 dan IXkb2.