SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EVALUASI POTENSI MATA AIR POLAMAN DAN KALI BIRU UNTUK SUPLAI AIR BERSIH PENDUDUK DI KECAMATAN LAWANG BAGIAN UTARA KABUPATEN MALANG

Maulida Aslamia

Abstrak


ABSTRAK

 

Aslamia, Maulida. 2012. Evaluasi Potensi Mata Air Polaman dan Kali Biru untuk Suplai Air Bersih Penduduk di Kecamatan Lawang Bagian Utara Kabupaten Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Didik Taryana, M.Si (II) Ir. Juarti, MP

 

Kata kunci: evaluasi, potensi, mata air, suplai air

Permasalahan ketersediaan air bersih dialami oleh penduduk Kecamatan Lawang. Desa yang mengalami permasalahn ketersediaan air yaitu Desa Mulyoarjo dan Desa Sumber Porong yaitu air mengalir kurang lancar antara pukul 04.00 -  09.00 dan pukul 16.00 – 18.00. Ketika musim kemarau penduduk setempat memperoleh air pada malam hari, karena air hanya mengalir pada pukul 19.00 – 04.00, kondisi tersebut berlangsung selama 1-2 minggu. Kekurangan akan ketersediaan air ini dirasakan setelah kecamatan ini dijadikan sebagai kawasan industri dengan jumlah industri sebanyak 15 industri dan 394 usaha niaga serta diikuti dengan pertumbuhan jumlah penduduk, akibatnya kebutuhan akan air untuk penduduk, industri juga semakin meningkat. Dalam memperoleh air bersih penduduk kedua desa tersebut sebelumnya memperoleh air bersih dari  mata air Polaman dengan debit 70 liter/ detik. Saat ini juga memperoleh tambahan suplai air dari mata air Kali Biru dengan debit 12 liter/ detik. Air yang berasal dari kedua sumber mata air ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih penduduk,industri sebesar 12.994.560 liter/hari dan irigasi dengan luas 53 hektar sebesar 4.924.800 liter/hari.

Penelitian ini bertujuan: (1) Menganalisis supply kebutuhan air bersih penduduk Kecamatan Lawang bagian Utara, (2) Membandingkan kesesuaian kualitas mata air Polaman dan Kali Biru dengan peraturan Menteri Kesehatan RI No. 492/MENKES/PER/2010, (3) Mengetahui model pendistibusian air dari sumber mata air Polaman dan Kali Biru supaya seluruh penduduk Kecamatan  Lawang bagian Utara terlayani.

Penelitian ini merupakan penelitian survey. Pengumpulan data kebutuhan air bersih dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel penduduk dan sampel air menggunakan metode Random Sampling. Teknik analisis data yaitu dengan membandingkan antara besarnya debit mata air Polaman dan Kali Biru dengan besarnya kebutuhan air bersih seluruh penduduk. Pengukuran debit mata air Polaman dan Kali Biru dengan metode WEIR, apung dan volumetrik.

Debit mata air rata-rata mata air Polaman dan Kali Biru yaitu sebesar 24.558.336 liter/hari. Kebutuhan air bersih suatu penduduk Kecamatan Lawang bagian utara sebesar 944.825,37 liter/hari. Secara kuantitas perbandingan debit mata air dan kebutuhan air bersih yaitu 7:1.Hasil uji laboratorim kualitas air yang disalurakan kepada penduduk layak digunakan dengan pengelolahan terlebih dahulu. Perencanaan distribusi air mata air Polaman dan Kali Biru dengan menggunakan sistem pembagian pengaliran untuk penduduk, industri, dan irigasi serta waktu pengaliran air dari PDAM untuk penduduk dari pukul 05.30-23.00.