SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PEMANFAATAN PETA DIGITAL UNTUK MENDUKUNG SISTEM INFORMASI PARIWISATA PANTAI DI KABUPATEN MALANG

Ahmad Sabirin Noor

Abstrak


ABSTRAK

Noor, Ahmad Sabirin. Pengembangan Pemanfaatan Peta Digital untuk Mendukung Sistem Informasi Pariwsata Pantai di Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, FIS, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Purwanto, S.Pd., M.Si, (II) Drs. Djoko Soelistijo, M.Si

 

Kata Kunci: Pengembangan, Media informasi, Pariwisata pantai di Kabupaten Malang

 

Pembangunan sektor pariwisata merupakan salah satu program andalan pemerintah Kabupaten Malang yang memiliki prospek dan peranan penting dalam meningkatkan lapangan pekerjaan dan menambah pendapatan daerah. Kabupaten Malang mempunyai potensi kepariwisataan yang begitu banyak, sehingga mem-punyai peluang besar untuk mendatangkan wisatawan. Promosi adalah suatu usa-ha yang dilakukan untuk menarik perhatian masyarakat agar mau membeli barang atau jasa yang ditawarkan. Dalam informasi itu akan ditampilkan mengenai lokasi objek, fasilitas yang ditawarkan objek wisata, rumah makan, penginapan (hotel dan villa), atraksi yang ditawarkan, rute jalan penghubung antar objek, kondisi ja-lan, harga tiket, dan luas area.

Tujuan penelitian pengembangan media ini adalah untuk mengkaji karak-teristik objek pariwisata pantai yang ada di Kabupaten Malang. Selain itu, menge-tahui pemanfaatan peta digital untuk mendukung sistem informasi pariwisata pan-tai di Kabupaten Malang.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang di rancang menggunakan model pengembangan prosedural yang bersifat deskriptif, tahapan dimulai dari kegiatan mencari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, produk, validasi produk, uji coba produk dan produk akhir. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data pengembangan media informasi ini ada-lah instrumen berbentuk angket terbuka untuk validasi ahli, sedangkan untuk uji coba berberupa angket yang berbentuk check list. Analisis penelitian ini dilakukan secara diskriptif.

Karakteristik pariwisata pantai yang ada di Kabupaten Malang umumnya pantainya masih sangat alami, dengan karakteristik pantai landai yang dikelilingi tebing tinggi, tetapi tidak didukung oleh sarana aksesibilitas yang memadai. Kon-disi aksesibilitas menuju pantai yang ada di Kabupaten Malang berupa jalan ma-kadam yang berbatu terjal. Pantai-pantai tersebut memiliki ombak yang sangat be-sar. Peran pemanfaatan peta digital dalam pengembangan media sistem informasi ini adalah dapat mendukung sajian informasi spasial yang ada di masing-masing objek wisata.