SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X-3 DI SMA ISLAM AL MA’ARIF SINGOSARI

Tika Luthfiana Prabawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Prabawati, Tika Luthfiana. 2012. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X-3 di SMA Al-Ma’arif Singosari. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si, (II) Drs. Hendri Purwito, M.Si.

 

Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, model pembelajaran Think Pair Share (TPS), hasil belajar.

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan  pada saat PPL, proses pembelajaran geografi di SMA Islam Al-Ma’arif Singosari selama ini masih menggunakan metode ceramah dan penugasan kepada siswa. Hasil observasi diketahui bahwa hasil belajar mata pelajaran geografi di kelas X-3 yang masih rendah ini disebabkan masih rendahnya keaktifan siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran. Kebanyakan siswa cenderung pasif dan hanya beberapa siswa yang berada di bangku depan yang aktif dan memperhatikan pelajaran dengan baik. Akibatnya nilai rata-rata dari ulangan harian pada semester ganjil tahun 2011 siswa kelas X-3 sebesar 62,2  sedangkan KKM (kriteria ketuntasan minimum) yang ditetapkan oleh SMA Islam Al-Ma’arif Singosari sebesar 75, dari kenyataan tersebut terlihat bahwa, siswa kelas X-3 SMA Islam Al-Ma’arif Singosari hasil belajarnya masih menunjukkan angka dibawah nilai KKM.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar geografi dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model TPS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri atas dua siklus pembelajaran yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-3 SMA Islam Al-Ma’arif Singosari dengan jumlah 34 siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-3 SMA Islam Al-Ma’arif Singosari. Hasil analisis menunjukkan peningkatan hasil belajar yaitu pada siklus I 59% dengan siswa yang tuntas belajar sebanyak 20 siswa dan pada siklus II sebesar 88% dengan siswa yang tuntas belajar sebanyak 30 siswa. Hasil belajar tersebut mengalami peningkatan sebesar 29%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut  bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar geografi setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model TPS.

Saran yang diberikan adalah (1) Bagi kepala sekolah menganjurkan kepada guru-guru agar dapat menerapkan model pembelajaran TPS dengan harapan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. (2) Bagi guru disarankan menerapkan model pembelajaran TPS agar kualitas pembelajaran geografi semakin meningkat (3) Bagi peneliti berikutnya, diharapkan pada saat melakukan penelitian dengan model pembelajaran TPS lebih memperhatikan waktu dengan dengan sebaik-baiknya.