SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Karakteristik Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang Pernah Bekerja Ke Luar Negeri dan Dampak Remitensi Terhadap Keluarga Tenaga Kerja Wanita Di Kecamatan Sepulu Kabupaten Bangkalan

Rifa Agustini

Abstrak


ABSTRAK

 

Agustini, Rifa. 2012. Karakteristik Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang Pernah Bekerja Ke Luar Negeri dan Dampak Remitensi Terhadap Keluarga Tenaga Kerja Wanita Di Kecamatan Sepulu. Skripsi, Jurusan Geografi, FIS, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs.Marhadi Slamet .K.M.Si (II) Satti Wagistina.S.P. M.Si

 

Kata Kunci: Karakteristik Tenaga Kerja wanita ,Pemanfaatan Remitensi, Dampak Remitensi

Laju pertumbuhan penduduk yang tinggi tidak diimbangi oleh perkembangan ekonomi.Berkaitan dengan masalah perekonomian nasional, tingkat pendapatan masyarakat yang rendah, harga kebutuhan pokok yang senakin mahal, beban tanggungan keluarga dan sulitnya mencari pekerjaan, mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Hal ini akan menimbulkan masalah bagi kehidupan masyarakat, seperti minimnya kesempatan kerja di kecamatan Sepulu yang pada akhirnya akan mengakibatkan meningkatnya jumlah pengangguran. Permasalahan Tenaga Kerja wanitadi kecamatan Sepulu yaitu kondisi perekonomian keluarga Tenaga Kerja wanita yang tidak menentu saat ini dan semakin sulitnya mendapatkan pekerjaan di dalam negeri.

Penelitian ini bertujuan untuk(1) Mengetahui karakteristik Tenaga Kerja wanita di kecamatan Sepulu yang termotivasi bekerja di luar negeri.(2) Mengetahui alokasi pemanfaatan remiten oleh keluarga Tenaga Kerja wanita selama dan setelah bekerja di luar negeri.(3) Mengetahui dampak remitensi Tenaga Kerja wanita terhadap kondisi ekonomi Tenaga Kerja wanita di daerah asal.(4)Mengetahui hubungan antara remiten dan transformasi pekerjaan Tenaga Kerja Wanita di kecamatan Sepulu.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Survey yaitu pengumpulan data dilakukan dengan wawancara.Alat pengumpul data yang pokok menggunakan pedoman wawancara terhadap responden berdasarkan daftar pertanyaan yang sudah disiapkan sebelumnya.Sampel sebanyak 88 orang.Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan perhitungan persentase,tabulasi silang  dan Chi-square.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Karakteristik Tenaga Kerja wanita di  Kecamatan Sepulu Meliputi Tingkat pendidikan, yang rata- rata pendidikan Tenaga Kerja wanita samapai tamat SD, Tingkat Pendapatan, Pendapatan Kepala keluarga di daerah asal Rp 500.000-Rp 1.000.000. Beban tanggungan keluarga antara 4-6  orang.Jenis pekerjaaan selama di luar negeri sebagai buruh pabrik, pengasuh anak, pembantu rumah tangga dan penjaga toko. Dan Motivasi Tenaga Kerja wanita bekerja diluar negeri yaitu untuk membiayai pendidikan anak, Untuk memenuhi kebutuhan pokok.(2).Pemanfaatan remiten oleh keluarga di daerah asal selama Tenaga Kerja wanita bekerja di luar negeri dimanfaatkan untuk membiayai pendidikan anak dan Setelah Tenaga Kerja wanita kembali kedaerah asal digunakan untuk membangun rumah.(3).Dampak remitensi dapat dilihat dari bentuk bangunan rumah Tenaga Kerja wanita di daerah asal,setelah menjadi Tenaga Kerja wanita diluar negeri ada sebagian bentuk rumah Tenaga Kerja wanita yang mengalami perubahan.(4).Terdapat hubungan atara remiten dan transformasi pekerjaan Tenaga Kerja wanita di kecamatan Sepulu.

Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: Departemen Tenaga Kerja setempat hendaknya lebih memperhatikan proses pengiriman Tenaga Kerja wanita keluar negeri yang menyangkut kemudahan-kemudahan persyaratan, mempersingkat waktu tunggu pemberangkatan dan meringankan biaya.