SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Potensi Pantai dan Persepsi Pengunjung terhadap Sapta Pesona Objek Wisata Pantai Teleng Ria Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan

Faisal Arif Setiawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Setiawan, Faisal Arif. Potensi Pantai dan Persepsi Pengunjung terhadap Sapta Pesona Objek Wisata Pantai Teleng Ria Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M.Si. (II) Satti Wagistina, S.P., M.Si.

 

Kata kunci: indeks kesesuaian wisata, daya dukung, persepsi pengunjung

Pantai Teleng Ria merupakan salah satu objek wisata unggulan di Kabupaten Pacitan. Peran Pantai Teleng Ria adalah sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD), merasa sebagai penyumbang utama PAD maka pihak pengelola pantai melakukan pembangunan berbagai sarana prasarana. Namun pembangunan tersebut jika tidak memperhatikan aspek lingkungan akan menjadi masalah tersendiri. Estimasi terhadap daya dukung kawasan merupakan langkah tepat untuk menilai kemampuan lingkungan menerima populasi maksimum pengunjung agar kelestariannya tetap terjaga. Banyaknya potensi yang ada belum dimanfaatkan secara optimal untuk pengembangan pariwisata. Oleh karena itu perlu adanya penelitian lebih lanjut dalam menggali segala potensi pada objek wisata Pantai Teleng Ria Kabupaten Pacitan. Penelitian ini dikhususkan pada potensi pantai dan persepsi pengunjung terhadap sapta pesona objek wisata tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan potensi yang dimiliki Pantai Teleng Ria. 2) Mengetahui persepsi pengunjung terhadap sapta pesona objek wisata Pantai Teleng Ria.

Jenis penelitian merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Objek penelitian adalah Pantai Teleng Ria dengan subjek penelitian adalah wisatawan. Data primer berasal dari pengukuran dan observasi. Data sekunder dari dinas-dinas terkait. Penentuan jumlah sampel menggunakan nonprobability sampling sebanyak 100 responden dengan pemilihan sampel menggunakan metode accidental sampling. Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data potensi pantai menggunakan rumus indeks kesesuaian wisata dan daya dukung. Sedangkan persepsi pengunjung terhadap Sapta Pesona menggunakan skoring dan tabulasi tunggal.

Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh dua simpulan hasil peneitian sebagai berikut. Pertama, potensi Pantai Teleng Ria memiliki indeks kesesuaian wisata kriteria S1 yaitu tidak ada faktor pembatas yang menghalangi sebagai kawasan wisata. Estimasi daya dukung pantai berpasir di kawasan Pantai Teleng Ria termasuk kategori kelas rendah. Jumlah pengunjung yang diperbolehkan untuk aktivitas berenang adalah 48 orang, berjemur 60 orang, rekreasi pantai 60 orang, wisata olahraga 60 orang, memancing 60 orang, dan berkemah 115 orang.     Kedua, persepsi pengunjung terhadap Sapta Pesona yang terdiri dari unsur aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan termasuk dalam kategori sangat sesuai untuk pariwisata. Sedikit kekurangan terletak pada kebersihan dan ketertiban