SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-A SMP BRAWIJAYA SMART SCHOOL MALANG

Agustin Eka Ariestari

Abstrak


ABSTRAK

 

Ariestari, Agustin Eka.2012. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII-A SMP Brawijaya Smart School Malang.Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, Pembimbing : (I) Dra. Yuswanti Ariani W, M.Si, (II) Drs. Hendri Purwito, M.Si.

 

Kata kunci : pembelajaran kooperatif, Think Pair Share, hasil belajar

Hasil observasi awal yang dilakukan pada tanggal 09 dan 10 Mei 2012 di Kelas VII-A menunjukkan bahwa pembelajaran belum berpusat pada siswa. Hal tersebut diperkuat dengan hasil belajar siswa yang masih dibawah Standar Ketuntasan Minimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif Think Pair Share dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-A SMP Brawijaya Smart School Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Kegiatan pembelajaran terdiri dari dua siklus. Pengambilan data dilakukan dengan observasi dan tes formatif. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pola Kegiatan Ekonomi Penduduk, Penggunaan Lahan, dan Pola Permukiman Penduduk Berdasarkan Kondisi Fisik Muka Bumi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra tindakan nilai rata-rata kelas sebesar 63,59 dengan 6 siswa tuntas, Siklus I 75,16 dengan 18 siswa tuntas, dan Siklus II 82,19 dengan jumlah siswa tuntas 28 siswa. Nilai rata-rata kelas ini mengalami peningkatan tiap siklus yaitu sebesar 18,19 % pada Siklus I dan sebesar 9,35% pada Siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan : (1) Sekolah diharapkan menggalakkan penggunaan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share untuk perbaikan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Upaya merealisasikannya melalui sosialisasi penggunaan pembelajaran kooperatif ataupun mengikutsertakan guru-guru mata pelajaran dalam pelatihan tentang penerapan pembelajaran kooperatif dengan model Think Pair Share, (2) guru hendaknya berusaha menggunakan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share sebagai tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS Geografi. Upaya pelaksanaannya dengan pembuatan Rancangan Pembelajaran yang disusun dengan memasukkan tata cara pembelajaran kooperatif Think Pair Share dalam kegiatan inti yang juga disesuaikan dengan evaluasi pembelajaran sehingga pembelajaran lebih optimal dan dapat lebih meningkatkan hasil belajar siswa, (3) Penulis mengharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan bagi peneliti selanjutnya dalam penelitian maupun penulisan karya ilmiah mereka dalam penerapan pembelajaran kooperatif Think Pair Share untuk mengukur aspek yang lain.