SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbandingan Antara Tingkat Pendidikan, Pendapatan dan Pemanfaatan Pendapatan Petani Ikan Lahan Sawah Irigasi dan Sawah Non Irigasi Di Kecamatan Badas Kabupaten Kediri

M Syamsul Hadi

Abstrak


ABSTRAK

 

Hadi, M Syamsul. 2012. Perbandingan Antara Tingkat Pendidikan, Pendapatan dan Pemanfaatan Pendapatan Petani Ikan Lahan Sawah Irigasi dan Sawah Non Irigasi Di Kecamatan Badas Kabupaten Kediri. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Drs. Marhadi Slamet K, M.Si, (II) Dra. Yuswanti Ariani W, M.Si.

 

Kata Kunci:sawah irigasi, sawah non irigasi, petani ikan

Kecamatan Badas merupakan kecamatan yang terletak di utara ibukota kabupaten. Luas wilayahnya mencapai 39,22 Km2 yang terdiri dari 8 desa. Kecamatan Badas banyak terdapat petani ikan lahan sawah baik sawah irigasi dan non irigasi yang terdapat pada dua desa, yakni Desa Canggu dan Desa Krecek.  Pada kedua desa ini memiliki perbedaan dalam usaha perikanan, hal ini dikarenakan pada Desa Krecek sawahnya mempunyai irigasi yang bersumber dari sungai, sedangkan pada Desa Canggu tidak mempunyai saluran irigasi, untuk mengairi lahan sawah tersebut petani ikan lahan sawah non irigasi mengunakan air sumur atau air tanah.

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendiskripsikan perbandingan tingkat pendidikan petani ikan lahan sawah irigasi dan lahan sawah non irigasi. 2) Mendiskripsikan perbandingan pendapatan petani ikan lahan sawah irigasi dan  lahan sawah non irigasi. 3) Mendiskripsikan perbandingan pemanfaatan pendapatan  petani ikan lahan sawah irigasi dan  lahan sawah non irigasi di Kecamatan Badas Kabupaten Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif . Penelitian ini menggunankan metode survey dengan sampel 60 petani ikan lahan sawah irigasi dan non irigasi yang terdapat di Desa Canggu dan Desa Krecek. Teknik pengambilan data yang digunakan angket terbimbing, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah tabulasi tunggal dan tabulasi silang.

Hasil penelitian ini menunjukkan: (1)  tingkat pendidikan petani ikan pada umumnya mempunyai latar belakang  pendidikan SMA. (2) pendapatan petani ikan lahan sawah irigasi lebih besar dibandingkan dengan lahan sawah non irigasi.biaya produksi petani lahan sawah non irigasi lebih besar dibandingkan dengan petani lahan sawah non irigasi.   (3) Pemanfaatan pendapatan petani ikan pada umunya petani menggunakan pendapatannya untuk membiayai sekolah dan membanggun rumah.

Hasil analisis menunjukkan bahwa adanya kaitan antara biaya produsi dengan pendapatan, biaya produksi petani ikan lahan sawah non irigasi lebih besar di bandingkan biaya produksi petani ikan lahan sawah irigasi, sulitnya sistem pengairan pada lahan sawah non irigasi menjadi salah satu penyebab tingginya biaya produksi yang dapat mempengaruhi tingkat pendapatan petani ikan.