SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan dan Kesejahteraan Petani Ikan Ditinjau Dari Jenis Ikan Yang Diusahakan Di Kecamatan Badas Kabupaten Kediri

Galih Rasi Milad Alwakid

Abstrak


ABSTRAK

 

Alwakid, Galih Rasi Milad. 2012. Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan dan Kesejahteraan Petani Ikan Ditinjau Dari Jenis Ikan Yang Diusahakan Di Kecamatan Badas Kabupaten Kediri. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Ach. Fatchan, M.Pd, M.P, (II) Drs. Marhadi Slamet K, M.Si.

 

Kata Kunci:tingkat pendapatan, tingkat kesejahteraan, jenis usaha petani ikan

Kecamatan Badas merupakan salah satu kecamatan di sebelah utara Ibukota Kabupaten Kediri. Luas wilayahnya mencapai 39,22 Km2 yang terdiri dari 8 desa. Luas pengunaan lahan perikanan di Kecamatan mencapai 45,52 Ha.Masyarakat di  Kecamatan Badas  banyak yang menjadi pengusaha ikan. Petani  ikan  di Kecamatan Badas berjumlah 100 orang, yang terdapat pada dua desa, yakni Desa Krecek dan Desa Canggu.  Masyarakat  memanfaatkan lahan sawah irigasi dan non irigasi untuk pembudidayaan ikan air tawar seperti lele, mujaer, gurame,tawas,tombro, koki  dan nila. Usaha perikanan yang dilakukan penduduk di  kecamatan tersebut berbeda-beda antara petani ikan yang satu dengan yang lainnya. Adanya perbedaan jenis usaha tersebut, memungkinkan perbedaan tingkat pendapatan dan kesejahteraan masyarakatnya.

Penelitian ini bertujuan untuk, 1) Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pendapatan dan  kesejahteraan petani ikan berdasarkan dari jenis ikan yang diusahakan di Kecamatan Badas, 2) Mendeskripsikan tingkat pendapatan dan kesejahteraan petani ikan berdasarkan jenis ikan yang diusahakan di Kecamatan Badas, 3) Mendeskripsikan hubungan antara faktor yang mempengaruhi tingkat pendapatan dan kesejahteraan dengan tingkat pendapatan dan kesejahteraan petani ikan.Penelitian ini merupakan penelitian sensus. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan sampel semua petani ikan yang terdapat di Desa Canggu dan Desa Krecek. Teknik pengambilan data yang digunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah tabulasi tunggal dan tabulasi silang.

Hasil penelitian ini menunjukkan faktor yang mempengaruhi tingkat pendapatan dan kesejahteraan petani ikan di Kecamatan Badas meliputi jenis ikan yang dibudidayakan, jenis budidaya, biaya produksi, dan banyaknya produksi ikan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat pendapatan dan kesejahteraan petani ikan di Kecamatan Badas mengalami perbedaan antara jenis budidaya yang satu dengan yang lainnya. Berdasarkan hasil analisis diketahui faktor yang mempengaruhi dengan tingkat pendapatan dan kesejahteraan petani ikan adalah jenis budidaya dan jenis ikan yang dibudidayakan. Hasil analisis tabulasi silang menunjukkan bahwa adanya keterkaitan antara jenis budidaya pembesaran ikan hias dengan tingkat pendapatan dan kesejahteraan petani ikan yang paling tinggi, yakni Rp. 6.650.000,00 dengan KS 3. Sedangkan hasil analisis tabulasi silang antara jenis ikan dengan tingkat pendapatan dan kesejahteraan didapatkan jenis usaha ikan dengan jenis ikan hias koki dan komet mempunyai tingkat pendapatan dan kesejahteraan yang paling tinggi, yakni Rp. 9693750,00 dengan KS 3+.