SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLAYING, COOPERATING, AND TRANSFERRING (REACT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS 5 SMA LABORATORIUM UM

Nurullah .

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurullah. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applaying, Cooperating, and Transferring (REACT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS 5 SMA Laboratorium UM. Skripsi. Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd., (II) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si.

 

Kata Kunci: model pembelajaran REACT, hasil belajar geografi siswa

Hasil wawancara dan observasi awal menunjukkan bahwa 78% siswa kelas XI IPS 5 SMA Laboratorium UM mendapatkan hasil belajar geografi di bawah Standar Ketuntasan Minimal (SKM) yakni 78. Keadaan ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang memberikan pemahaman materi terhadap siswa. Permasalahan tersebut perlu diatasi dengan menerapkan model pembelajaran REACT, agar hasil belajar geografi siswa menjadi lebih baik.

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa dengan penerapan model pembelajaran REACT. Penelitian ini menggunakan rancangan tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian, siswa kelas XI IPS 5 sebanyak 37 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan format catatan lapangan. Data hasil penelitian dianalisis dengan membandingkan rata-rata skor hasil belajar geografi siswa antara pra tindakan dengan siklus I dan siklus I dengan siklus II untuk mengetahui peningkatannya dan persentase yang diartikan secara deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran REACT dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa dari pra tindakan ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Peningkatan hasil belajar geografi siswa dari pra tindakan ke siklus I sebesar 55,45% dan siklus I ke siklus II sebesar 16,81%.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa model pembelajaran REACT berhasil meningkatkan hasil belajar geografi siswa dari pra tindakan ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Disarankan bagi guru geografi SMA agar menerapkan model pembelajaran REACT dalam proses pembelajaran geografi di kelas. Penerapan model tersebut disesuaikan dengan materi pembelajaran yang mempunyai kaitan dengan kehidupan. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melaksanakan penelitian sejenis dalam rangka memperbaiki ataupun memberikan inovasi baru pada penelitian yang pernah dilaksanakan dengan subyek yang berbeda.