SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN MATERI LITOSFER PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA KELAS X

Rheinnadia Febriandini

Abstrak


ABSTRAK

 

Febriandini, Rheinnadia. 2012. Pengembangan Media CD Pembelajaran Materi Litosfer pada Mata Pelajaran Geografi SMA Kelas X. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Djoko Soelistijo, M. Si., (II) Drs. Hadi Soekamto, S.H., M.Pd., M.Si.

 

Kata Kunci: media CD pembelajaran, interaktif, Geografi SMA, materi Litosfer

 

Materi Litosfer merupakan kajian Geografi fisik yang membahas tentang proses dan objek yang terjadi secara alamiah dalam jangka waktu yang lama, sehingga dalam penjelasannya tidak cukup hanya dengan cara lisan. Kondisi tersebut menyebabkan kesulitan siswa dalam memahami materi, khususnya proses-proses terbentuknya muka Bumi akibat tenaga endogen, misalnya tektonisme; vulkanisme; dan seisme, dan tenaga eksogen, misalnya: pelapukan; sedimentasi; masswasting; dan erosi. Proses tersebut tidak dapat dilihat secara langsung karena prosesnya terjadi di dalam Bumi dan membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu, dibutuhkan media pembelajaran sebagai solusi untuk mengatasi kesulitan tersebut.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat menunjukkan struktur lapisan Bumi, jenis-jenis batuan, proses-proses tenaga endogen, dan tenaga eksogen. Media ini dikembangkan dengan menggunakan program Adobe Flash CS3 yang merupakan program flash yang dapat menggabungkan teks, gambar, video, dan animasi, sehingga proses-proses terbentuknya muka Bumi dapat dipresentasikan.

Rancangan penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural yang bersifat deskriptif, yang terdiri dari identifikasi kompetensi dasar dan indikator, analisis bahan ajar, analisis kebutuhan siswa, desain media, produksi, editting, prototipe media, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, dan produk akhir. Data penelitian bersifat data kualitatif yang diperoleh dari uji validasi produk oleh ahli media dan materi, serta data kuantitatif yang diperoleh dari hasil uji coba produk di sekolah. Data tersebut dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif presentase.

Berdasarkan hasil validasi diketahui bahwa media ini ”layak” (valid) untuk dilanjutkan sebagai media pembelajaran. Sedangkan hasil uji coba produk diperoleh nilai 90,20% dengan kriteria ”layak”. Berdasarkan hasil uji validasi dan uji coba tersebut, disimpulkan bahwa produk layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.

Bertitik tolak dari penelitian ini, terdapat beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan manfaat dan pengembangan produk yang akan datang, yaitu: (1) guru hendaknya menggunakan media ini dalam pembelajaran Litosfer di kelas, (2) penggunaan LCD proyektor untuk memperoleh tampilan yang lebih besar, sehingga memudahkan siswa untuk mengamati tayangan media, (3) agar produk digunakan secara luas, guru pengajar mata pelajaran Geografi dapat mengakses produk dengan menghubungi pengembang, (4) pengembang produk yang akan datang dapat membuat produk untuk pokok bahasan lainnya, seperti: hidrosfer, atmosfer, dan pedosfer.