SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Model Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sidayu Gresik

Shofwatin ni'mah

Abstrak


ABSTRAK

 

Ni’mah, Shofwatin. 2009. Pengaruh Penggunaan Model Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sidayu Gresik. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, FMIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd. (II) Drs. Timotius Suwarna, M.Pd.

 

Kata kunci: model Think Pair Share, hasil belajar

 

Selama ini hasil pembelajaran geografi hanya tampak dari kemampuan siswa menghafal fakta-fakta, siswa menganggap pelajaran geografi hanya sekadar hafalan, mereka sering tidak memahami materi secara mendalam sehingga hasil belajar geografi siswa cenderung rendah. Hal ini dikarenakan pembelajaran geografi selama ini lebih banyak membuat siswa menghafal sebagian besar konsep, tanpa adanya upaya untuk memahami konsep melalui pengalaman belajar lain, misalnya: kerjasama untuk meningkatkan interaksi antara guru dan siswa. Akan tetapi, dalam pembelajaran kerjasama yang dilakukan selama ini sebagian  besar siswa masih cenderung pasif tidak berani mengutarakan pendapat dalam kelompok besar atau dalam pembelajaran di kelas dan menggantungkan diri pada siswa yang aktif. Oleh karena itu, perlu diterapkan pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa melalui pemberdayaan kemampuan berpikir baik secara individu maupun secara kelompok. Model Think Pair Share dapat menjadi alternatif pemilihan pembelajaran tersebut, karena melalui model Think Pair Share siswa difokuskan pada materi yang disajikan guru, kemudian siswa diharuskan untuk berpikir menggunakan kemampuannya dan bekerja dengan pasangan kelompoknya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Think Pair Share terhadap hasil belajar Geografi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sidayu Gresik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu (quasy experimental). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sidayu Gresik dengan kriteria memiliki kemampuan yang sama diperoleh kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes objektif. Teknik analisis data adalah uji t dengan menggunakan komputer program SPSS 13.00 for Windows.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Think Pair Share terhadap hasil belajar geografi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sidayu Gresik. Dari analisis diketahui bahwa rata-rata gain score siswa kelas kontrol sebesar 10,78 dan rata-rata gain score siswa kelas eksperimen sebesar 23,28. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh nilai p adalah 0,000. dengan demikian p