SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPS Geografi pada Siswa Kelas XI IPS-I SMA Negeri 1 Malang

MIRNA LIZA

Abstrak


ABSTRAK

 

Liza, Mirna. 2012. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPS Geografi pada Siswa Kelas XI IPS-I SMA Negeri 1 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang.  Pembimbing: (1) Dr. Ach. Amirudin, M.Pd, (2) Drs. Hadi Soekamto, SH, M.Pd, M.Si

 

Kata Kunci: pembelajaran berbasis masalah, keaktifan belajar siswa

 

Berdasarkan hasil observasi awal pada hari sabtu tanggal 24 Januari 2012 diperoleh gambaran kondisi siswa di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Malang yaitu keaktifan siswa masih tergolong rendah dan belum merata. Rendahnya perhatian tersebut dapat dilihat dari kenyataan bahwa  10  siswa memperhatikan penjelasan guru geografi. Keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan kurang hanya 3 siswa yang aktif bertanya. Keaktifan siswa menjawab pertanyaan juga kurang, yaitu 4 siswa yang aktif menjawab pertanyaan guru. Sedangkan Keaktifan siswa dalam mencatat materi sangat kurang yaitu 10 siswa yang rajin mencatat penjelasan yang disampaikan oleh guru. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti mengambil langkah menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Rumusan masalah penelitian ini adalah  Apakah model pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan keaktifan belajar IPS Geografi XI IPS-I SMA Negeri 1 Malang pada materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.

Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas yang menuntut peneliti untuk terlibat langsung dalam proses penelitian mulai dari perencanaan, penelitian hingga pelaporan data. Kegiatan penelitian terdiri dari 2 siklus penelitian, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan 4 tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Malang dengan jumlah siswa 29 orang, pada materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dengan peningkatan rata-rata kekatifan siswa sebesar 32,67%. Peningkatan keaktifan dapat dilihat dengan skor keaktifan siswa yaitu sebesar 22,04 pada siklus I menjadi  29,24 pada siklus II.

Saran yang diajukan dalam penelelitian ini yaitu: (1) Bagi sekolah disarankan kepada guru SMA untuk menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, dengan cara memberikan pelatihan pada tim musyawarah guru mata pelajaran (MGMP); (2) Bagi guru perlu mempersiapkan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian; (3) Bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran Geografi disarankan memperhatikan karakterisktik sekolah, karaktristik siswa, karakteristik materi, dan karakteristik kompetensi yang harus dicapai dalam mata pelajaran khususnya Geografi.