SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Kesulitan dan Dukungan Guru Geografi dalam Pembelajaran Geografi di SMA Negeri Kabupaten Sampang

Agung Surya Putra

Abstrak


ABSTRAK

 

Putra, Agung Surya. 2012. Studi Kesulitan dan Dukungan Guru Geografi Dalam Pembelajaran Geografi Di SMA Negeri Kabupaten Sampang, Skripsi. Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Ach. Fathcan. M. Pd;M. P, Pembimbing (II) Drs. Yusuf Suharto.

 

Kata kunci: Pembelajaran geografi, guru, kesulitan, dan dukungan guru.

 

Upaya untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia belum menggembirakan, banyak faktor yang mempengaruhinya, tetapi yang paling besar mempengaruhinya adalah kondisi guru. Guru memiliki peran yang penting dalam dunia pendidikan. Guru dalam meningkatkan mutu pendidikan tentu mengalami berbagai kesulitan dan bahkan memiliki hambatan serta dukungan dalam melaksanakan pembelajaran..

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) faktor yang mendukung guru geografi dalam pembelajaran geografi di SMA Negeri Kabupaten Sampang dan (2) berbagai kesulitan yang dialami guru geografi dalam pelaksanaan pembelajaran di SMA Negeri Kabupaten Sampang.

Rancangan penelitian ini adalah sensus. Variabel dalam penelitian ini adalah kesulitan dan dukungan guru geografi dalam menyusun perencanaan pembelajaran, menyiapkan bahan ajar, menggunakan metode belajar, menggunakan media pembelajaran, dan melaksanakan evaluasi pembelajaran. Populasi penelitian seluruh guru bidang studi geografi yang tersebar di 8 SMA Negeri di Kabupaten Sampang dengan jumlah 15 orang guru. Penelitian ini menggunakan instrumen angket. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dengan tabel persentase.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kesulitan yang dihadapi guru geografi SMA Negeri di Kabupaten Sampang yaitu kesulitan dalam menentukan alokasi waktu, kesulitan dalam menentukan metode pembelajaran, tidak memiliki cukup waktu dalam menyusun LKS, kesulitan dalam menentukan buku sumber yang memenuhi seluruh SK, KD, dan indikator, kesulitan dalam menentukan media yang dapat membangkitkan minat dan motivasi siswa, kurang waktu yang disediakan, kesulitan menentukan pedoman penskoran, dan pemilihan aspek yang dinilai.Dukungan yang dialami guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran antara lain : sarana dan prasarana yang mendukung, memiliki pengalaman mengajar yang cukup, dan beban mengajar guru.