SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Geografi di SMA Negeri 1 Purwosari

WAHYU ADI UTOMO

Abstrak


ABSTRAK

 

Utomo, Wahyu Adi. 2011. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Geografi Di SMA Negeri 1 Purwosari. Skripsi, Jurusan Geografi, FIS, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Soekamto, SH, M.Pd, M.Si, (II) Ir. Juarti, M.P.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran STAD, hasil belajar.

 

Pembelajaran merupakan proses transfer ilmu kepada siswa. Seiring dengan perkembangan jaman, pembelajaran bermakna menjadi tuntutan bagi setiap guru dalam proses pembelajaran di kelas. Pembelajaran yang bermakna adalah pembelajaran yang mengaitkan informasi-informasi baru dengan pembelajaran. Salah satu cara untuk membuat pembelajaran dalam kelas bermakna adalah dengan penerapan model STAD. Model pembelajaran ini mempunyai karakteristik yaitu pengelompokan siswa berdasarkan prinsip heterogenitas baik dari segi kemampuan akademik, jenis kelamin, maupun ras.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran  Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar Geografi siswa kelas XI Ilmu Sosial SMA Negeri 1 Purwosari. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas XI Ilmu Sosial 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Ilmu Sosial 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes berbentuk uraian untuk prates dan pascates. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan (Independent Samples t Test) yang dapat diselesaikan dengan bantuan SPSS 12.00 for Windows.

Dari hasil uji t didapatkan nilai probabilitas sebesar 0,000 yang berarti bahwa Ho ditolak, berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model STAD terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI Ilmu Sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran STAD lebih efektif daripada metode konvensional, kondisi ini dapat dilihat dari rata-rata kedua kelas yang berbeda. Kelas eksperimen mempunyai rata-rata kelas lebih tinggi yaitu 54,02 sedangkan kelas kontrol sebesar 32,15.

Disarankan bagi guru Geografi untuk menggunakan model pembelajaran STAD sebagai variasi model pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi sekolah disarankan untuk memberikan informas, pengarahan dan fasilitas kepada guru untuk menerapkan model pembelajaran STAD. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menambahkan variabel keaktifan, minat, dan motifasi pada penelitian.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Utomo, Wahyu Adi. 2011. The Effect of Implementation Student Team Achievement Division (STAD) Learning Model to the Students Learning Assesment of Geography in SMA Negeri 1 Purwosari. Thesis, Geography Department, Faculty of Social Science, State University of Malang.

Advisors: (I) Drs. Hadi Soekamto, SH, M.Pd, M.Si, (II) Ir. Juarti, M.P.

 

Keyword : STAD learning model, Learning assesment

 

Learning is the process of transfering knowledge to students. Along with  growth of the era, meaningsfull learning becoming demands for every teacher in the class. Meaningsfull learning is the learning wich is correlating new informations with learning process. One of the way to make meaningfulls learning on the class by applying STAD learning model. The character of this learning model  is divide the students based of heterogenitas principle in their inteligency, gender and ras.

This research aims to knows the effect of  Student Teams Achievement Divisions (STAD) learning model to the students assesment in SMA Negeri 1 Purwosari. This research including in quasy experiment research wich the subject of the research are two class. The class are grades XI social sience 1 as a eksperiment class and grade XI social science 3 as a control class. The instrumen of the research is essay test wich is to consist of pretest and posttest. The technics of analisys used independent sample t test that can be finished by SPSS 12.00 for windows.

From the results of t test are got probability value 0,000 wich is means Ho is rejected, it can be concluded that implementation of STAD learning model having an effect on learning assesment of social science student grade XI. The results shows that STAD learning model more effective than conventional method, it can be seen from the difference of average value both of class. Experiment class have average value more higher than control class wich is 54,02, while the control class only 32,15.

Based on the research, it is suggested that for geography teachers can be used STAD learning model for the variation in the learning process. For the school is suggested to give information, instruction, and facilities for teachers to apply STAD learning model. For the next research is suggested to add variable like activity, interest, and motivation on the research.