SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Soal Try Out Program Intensifikasi Belajar (PIB) Tahun Ajaran 2011/2012 Mata Pelajaran Geografi Semester I Kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Grati Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan

Bije Dewi Forestrya

Abstrak


ABSTRAK

 

Forestrya, Bije Dewi. 2012. Analisis Soal Try Out Program Intensifikasi Belajar (PIB) Tahun Ajaran 2011/2012 Mata Pelajaran Geografi Semester I Kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Grati Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. Skripsi, Jurusan Geografi, FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Achmad Amirudin, M.Pd. (II) Purwanto, S.Pd., M.Si.

 

Kata kunci: tingkat kesukaran soal, daya beda soal, validitas item soal, reliabilitas soal, dan analisis opsi pilihan ganda soal.

 

Evaluasi hasil belajar diperlukan untuk mengukur dan menilai seberapa besar tingkat keberhasilan yang telah dicapai oleh siswa. Salah satu alat yang digunakan untuk mengukur dan menentukan nilai keberhasilan siswa dalam evaluasi hasil belajar adalah tes. Dalam ujian atau tes ini terdiri dari beberapa soal yang harus dibuat dengan baik. Soal dikategorikan baik apabila berfungsi sebagai alat ukur. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa soal Try Out Program Intensifikasi Belajar (PIB) Geografi di SMA Negeri 1 Grati belum pernah diujicobakan dan dianalisis. Berdasarkan observasi awal terhadap lembar soal Try Out Program Intensifikasi Belajar (PIB) Geografi ditemukan beberapa soal yang diulang dua kali dan opsi jawaban kunci yang salah. Kelemahan dari soal tersebut adalah adanya kesalahan pernyataan soal sehingga tidak dapat ditentukan opsi jawaban kuncinya. Selain itu, butir-butir dari soal tersebut juga jarang menggunakan butir-butir soal yang sudah diujicobakan, dianalisis, dan direvisi.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis soal Try Out PIB tahun ajaran 2011/2012 mata pelajaran Geografi semester I kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Grati Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan yang meliputi tingkat kesukaran soal, daya beda soal, validitas item soal, reliabilitas soal, dan analisis opsi pilihan ganda soal.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif  kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi tingkat kesukaran, daya beda, validitas item, reliabilitas, dan analisis opsi pilihan ganda soal. Data yang digunakan adalah soal, lembar jawaban siswa, dan skor jawaban siswa. Pengumpulan datanya dilakukan dengan memasukkan skor jawaban siswa ke dalam tabel tabulasi skor jawaban siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menggunakan tabulasi data.

Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diperoleh bahwa soal Try Out PIB Geografi dengan kode soal A memiliki tingkat kesukaran soal jelek, daya beda soal jelek, validitas item soal jelek, tergolong reliabel, dan analisis opsi pilihan ganda soal jelek. Sedangkan soal Try Out PIB Geografi dengan kode soal B memiliki tingkat kesukaran soal baik, daya beda soal jelek, validitas item soal jelek, tergolong reliabel, dan analisis opsi pilihan ganda soal jelek. Adapun saran yang dapat diberikan antara lain melakukan uji coba dan analisis soal dalam menyusun soal, membuat kunci jawaban yang benar agar tidak merugikan siswa, merevisi pernyataan soal agar dapat ditentukan jawabannya, dan merevisi soal yang kurang baik dari segi tingkat kesukaran, daya beda, validitas item, reliabilitas, dan analisis opsi pilihan ganda soal.