SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CD PEMBELAJARAN PADA MATERI HIDROSFER TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 7 MALANG

Irmawati .

Abstrak


ABSTRAK

 

Irmawati. 2012. Pengaruh Penggunaan Media CD Pembelajaran pada Materi Hidrosfer Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 7 Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Soekamto, S.H., M.Pd., M.Si, (II) Drs. Djoko Soelistijo, M.Si.

 

Kata Kunci: media CD Pembelajaran, minat belajar siswa, hasil belajar siswa

 

Proses pembelajaran merupakan proses komunikasi antara guru dengan siswa. Dalam proses pembelajaran sering kali guru menyampaikan materi hanya dengan metode ceramah dan tidak memanfaatkan media yang telah disediakan. Hal ini akan menurunkan minat siswa karena akan merasa bosan, tidak tertarik, dan mengurangi perhatian siswa. Minat siswa yang rendah akan berdampak pada pemahaman siswa terhadap materi, sehingga hasil siswapun akan menurun. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memanfaatkan media seperti media CD Pembelajaran. Media ini dipilih karena memiliki beberapa kelebihan, diantaranya mampu menampilkan animasi bergerak, dilengkapi dengan audio, dan gambar-gambar yang tampilannya menarik. Media ini akan menarik siswa dan tidak membosankan sehingga siswa akan lebih mudah memahami isi materi secara optimal.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media CD Pembelajaran pada materi Hidrosfer terhadap minat belajar siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang. Selain pada minat belajar siswa, tujuan penelitian ini juga untuk mengetahui pengaruh penggunaan media CD Pembelajaran pada materi Hidrosfer terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang.

Penelitian ini termasuk penelitian semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian pre test-pos test control group desaign. Subyek dalam penelitian ini terdapat dua kelas yaitu kelas X-6 sebagai kelas kontrol dan kelas X-2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian pada minat belajar siswa berupa angket minat belajar, sedangkan pada hasil belajar siswa berupa tes esai yang digunakan untuk pra test dan pasca test. Teknik analisis data minat dan hasil belajar dimulai dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.

Berdasarkan hasil analisis, diperoleh perbedaan minat dan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan media CD Pembelajaran dengan kelas kontrol yang memanfaatkan media gambar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Data minat belajar siswa juga menunjukkan kelas eksperimen mempunyai minat belajar yang lebih tinggi daripada kelas kontrol. Jadi, dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penggunaan media CD Pembelajaran mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat dan hasil belajar siswa.

Disarankan bagi sekolah agar menganjurkan kepada guru-guru untuk menggunakan media CD Pembelajaran dalam proses pembelajaran dan bagi guru agar menggunakan media CD Pembelajaran ketika menemukan permasalahan tentang minat dan hasil belajar siswa. Bagi peneliti selanjutnya dapat menambah variabel seperti, motivasi siswa, keaktifan siswa, atau retensi belajar siswa.