SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kesejahteraan Petani Ikan Lahan Sawah Di Kecamatan Badas Kabupaten Kediri.

Hidayatika Ibenty Hariyanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Hariyanti, Hidayatika Ibenty. 2012. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kesejahteraan Petani Ikan Lahan Sawah Di Kecamatan Badas Kabupaten Kediri. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Drs. Marhadi Slamet K, M.Si, (II) Dra. Yuswanti Ariani W, M.Si.

 

Kata Kunci: tingkat kesejahteraan, petani ikan

 

Kecamatan Badas merupakan salah satu kecamatan di sebelah utara Ibukota Kabupaten Kediri. Kecamatan ini merupakan daerah yang subur dengan saluran irigasi yang baik dan dialiri sungai yang mengalir sepanjang tahun.Kecamatan Badas banyak terdapat petani ikan lahan sawah yang terdapat pada dua desa, yakni Desa Canggu dan Desa Krecek. Petani ikan lahan sawah yang terdapat pada dua desa tersebut diduga memiliki tingkat kesejahteraan yang meningkat. Pada tahun 2008, diketahui tingkat kesejahteraan yang dimiliki adalah Keluarga Sejahtera 1, Keluarga Sejahtera 2, Keluarga Sejahtera 3 dan Keluarga Sejahtera 3+. Sedangkan Pada Tahun 2010 tingkat kesejahteraannya meningkat menjadi Keluarga Sejahtera 2, Keluarga Sejahtera 3, dan Keluarga Sejahtera 3+.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi tingkat kesejahteraan petani ikan lahan sawah, mendeskripsikan tingkat kesejahteraaan petani ikan dan mendeskripsikan hubungan antara faktor yang mempengaruhi tingkat kesejahteraan dengan tingkat kesejahteraan petani ikan lahan sawah.Penelitian ini merupakan penelitian sensus. Penelitian ini menggunankan metode survey dengan sampel semua petani ikan lahan sawah yang terdapat di Desa Canggu dan Desa Krecek. Teknik pengambilan data yang digunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah tabulasi tunggal dan tabulasi silang.

Hasil penelitian ini menunjukkan faktor yang mempengaruhi tingkat kesejahteraan petani ikan lahan sawah di Kecamatan Badas meliputi pendidikan, pendapatan, beban tanggungan, pengeluaran, lahan, produktifitas dan modal usaha. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat kesejahteraan petani ikan lahan sawah di Kecamatan Badas mengalami peningkatan. Tingkat kesejahteraan petani ikan yang mengalami peningkatan yakni tidak ditemukannya tingkat kesejahteraan keluarga 2 dan bertambahnya tingkat kesejahteraan keluarga 3+. Berdasarkan hasil analisis diketahui faktor yang mempengaruhi dengan tingkat kesejahteraan petani ikan lahan sawah adalah luasan lahan dan pendapatan pokok petani ikan lahan sawah.

Hasil analisis menunjukkan bahwa adanya kecenderungan kaitan antara luasan lahan sebesar 1400-