SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Soal Try-Out Ujian Akhir Nasional SMA Buatan MGMP Geografi Kabupaten Mojokerto Tahun Ajaran 2010/2011

Diyas Age Larasati

Abstrak


ABSTRAK

 

Larasati, Diyas Age. 2012. Analisis Soal Try-Out  Ujian Akhir Nasional SMA Buatan MGMP Geografi Kabupaten Mojokerto Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi, Jurusan Geografi, FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M. Pd (II) Purwanto, S.Pd., M.Si.

 

Kata kunci: validitas soal, tingkat kesukaran, daya beda, reliabilitas, analisis opsi.

 

Pengukuran yang dilakukan guru untuk menentukan nilai hasil belajar siswa yaitu dengan cara evaluasi. Salah satu instrumen evaluasi di sekolah yaitu berupa tes yang berisikan soal-soal. Soal dibuat guru untuk mengetahui potensi siswa sebagai dasar untuk pengambilan keputusan kelulusan serta mengetahui prestasi siswa. Soal memegang peranan penting dalam pembelajaran. Soal tergolong baik apabila berfungsi sebagai alat ukur, yakni sesuai dengan tujuan pembelajaran. Soal try-out UAN SMA belum diujicobakan sehingga belum diketahui kualitas soalnya. Berdasarkan obsevarsi awal, ditemukan beberapa kesalahan, masalahnya dari segi bahasa terdapat kesalahan pengulangan kata, penulisan tanda baca, dan penulisan kata Bahasa Inggris. Soal try-out ini ditemukan juga yang tidak memiliki opsi kunci jawaban.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji validitas kurikuler, validias bahasa, validitas item, tingkat kesukaran, daya beda, reliabilitas, dan kualitas opsi pada soal try-out UAN SMA, agar diketahui kualitas soal, layak diujikan, atau masih harus direvisi.

Penelitian ini dirancang dengan menggunakan desaian ”analisis isi” bertujuan untuk mendiskripsikan secara objektif, sistematis, dan komunikatif isi komunikasi yang tampak”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan dokumen sebagai objeknya digunakan untuk menganalisis validitas kurikuler, validitas bahasa, dan validitas item, tingkat kesukaran, daya beda, reliabilitas dan analisis opsi pilihan ganda. Obyek dalam penelitian ini adalah dokumen yang berupa: (1) kisi-kisi soal, (2) soal try-out UAN SMA buatan MGMP Geografi Kabupaten Mojokerto tahun ajaran 2010/2011, (3) lembar jawaban siswa, (4) skor jawaban siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal try-out UAN SMA memiliki validitas kurikuler valid sebesar 89%, validitas bahasa valid sebesar 68%, validitas item jelek sebesar 54%, tingkat kesukaran baik sebesar 66% , daya beda baik sebesar 56%, reliabel, dan kualitas opsi jelek. Penelitian ini disarankan dalam menyusun soal harus disesuaikan dengan standar, sebelum diujikan ke siswa lebih baik di ujicobakan dan dianalisis terlebih dahulu untuk mengetahui kualitas soal tersebut. Soal yang jelek harus direvisi atau bahkan diganti.