SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Buku Sekolah Elektronik (BSE) Geografi Kelas XI Karangan Eni Anjayani dan Tri Haryanto Terbitan Depdiknas pada Kompetensi Dasar Menganalisis Aspek Kependudukan

Dahlia Ayu Suryandari

Abstrak


ABSTRAK

 

Suryandari, Dahlia Ayu. 2012. Analisis Buku Sekolah Elektronik (BSE) Geografi Kelas XI Karangan Eni Anjayani dan Tri Haryanto Terbitan Depdiknas pada Kompetensi Dasar Menganalisis Aspek Kependudukan. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd, (II) Drs. Djoko Soelistijo, M.Si.

 

Kata Kunci: analisis BSE, kependudukan, kebenaran konsep, kebenaran bahasa, kesesuaian fungsi gambar

 

Buku teks merupakan salah satu komponen pembelajaran yang sangat penting peranannya, baik bagi guru maupun siswa. Namun, buku teks yang beredar di sekolah-sekolah ternyata masih memiliki banyak kesalahan yang menyebabkan kualitas buku teks rendah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kebenaran konsep, bahasa dan kesesuaian fungsi gambar yang terdapat dalam BSE karangan Anjayani dan Haryanto pada materi kependudukan agar diketahui kualitas BSE tersebut, layak digunakan pada pembelajaran atau masih harus direvisi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis isi, yaitu pendekatan yang menggunakan dokumen sebagai objeknya. Sumber data yang digunakan adalah BSE kelas XI karangan Anjayani dan Haryanto. Sumber data ditentukan berdasarkan pertimbangan banyaknya BSE kelas XI yang digunakan di SMA-SMA Negeri di Kota Malang. Data hasil analisis dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa pedoman analisis kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif, yaitu menjelaskan suatu permasalahan, gejala atau keadaan sebagaimana adanya, dan bukan menguji hipotesis.

Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut. Pertama, kebenaran konsep dibagi menjadi 2, yaitu: terdapat 4 konsep terdefinisi yang salah dari 35 konsep yang ada dan tidak terdapat konsep konkret pada BSE. Kedua, kebenaran bahasa dibagi menjadi empat, yaitu: kebenaran tanda baca sebesar 78%, kebenaran kosakata sebesar 99%, kebenaran kalimat sebesar 80%, dan kebenaran paragraf sebesar 86%. Ketiga, dari 16 gambar yang ada terdapat 2 gambar yang tidak berfungsi dan 14 gambar yang berfungsi, dengan rincian 7 gambar berfungsi sebagai pemantapan pemahaman, 3 gambar sebagai tambahan informasi, dan 4 gambar sebagai ilustrasi.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut diajukan saran kepada. 1) Guru, harus bisa memilih buku teks geografi yang baik, yaitu berisi konsep dan bahasa yang benar serta berisi gambar yang dapat mendukung pemahaman siswa. 2) Penulis buku, penyusunan buku harus mencantumkan konsep yang benar sesuai ilmu pengetahuan yang ditetapkan dan menggunakan bahasa yang baik dan benar agar penyampaian materi pada buku mudah dipahami oleh pembaca, khususnya siswa. 3) Editor buku, buku teks hasil karangan penulis harus dikaji dengan teliti agar kesalahan yang masih ada dapat diperbaiki sehingga tidak tersampaikan dalam pembelajaran di sekolah. 4) Ilustrator buku, pencantuman gambar pada buku teks harus sesuai dengan materi yang disajikan, jelas, dan komunikatif.