SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS TEKS BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) GEOGRAFI KELAS XI SMA TERBITAN DEPDIKNAS PADA MATERI BIOSFER DI KABUPATEN MALANG

Ana Susiati

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Susiati, Ana. 2012. Analisis Teks Buku Sekolah Elektronik (BSE) Geografi SMA Kelas XI Terbitan DEPDIKNAS pada Materi Biosfer di Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd, (II) Ir. Juarti, M.P.

 

Kata kunci: Analisis Teks, BSE,  Biosfer.

 

BSE  merupakan  salah  satu  bentuk  buku  teks  yang  saat  ini  banyak dimanfaatkan oleh guru dan siswa. Meskipun sudah dinilai kelayakan oleh BNSP,  ternyata masih banyak ditemukan kesalahan di dalamnya. Hal ini dibuktikan oleh beberapa penelitian tentang tingkat kebenaran materi BSE untuk berbagai jenjang pendidikan. Oleh karena itu kebenaran materi dalam BSE yang telah beredar perlu ditinjau  kembali. BSE  yang  dipilih  untuk  dikaji merupakan  yang  paling  banyak digunakan  oleh  SMA/MA  negeri  se-Kabupaten  Malang.  Analisis  awal menujukkan ada materi yang tidak sesuai dengan kurikulum, kesalahan penyajian konsep konkrit dan terdefinisi, penulisan yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia,  dan  terdapat  gambar  yang  tidak  berfungsi  untuk  meningkatkan pemahaman. Berdasarkan kesalahan dalam tinjauan awal tersebut maka BSE perlu dikaji lebih lanjut. 

Tujuan  penelitian  secara  umum  adalah  untuk  mengetahui  tingkat kesesuaian isi dengan kurikulum dan untuk mengetahui tingkat kebenaran konsep dan  bahasa  yang  terdapat  dalam BSE  Geografi  SMA.  Selain  untuk mengetahui ketiga hal tersebut penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peranan penggunaan media untuk menjelaskan suatu konsep.

Penelitian  ini  merupakan  penelitian  deskriptif  dengan  menggunakan dokumen sebagai objeknya. Rancangan penelitian menggunakan teknik analisis isi untuk  mendiskripsikan  secara  objektif,  sistematis,  dan  kumunikatif  isi  BSE menggunakan  separangkat prosedur untuk menarik kesimpulan yang  sahih. BSE yang  dikaji  merupakan  yang  paling  banyak  digunakan  di  SMA/MA  negeri  di Kabupaten Malang yaitu BSE yang berjudul   ”Geografi 2 Lingkungan Fisik dan Sosial”  karangan  Sumardi,dkk.  Sedangkan  materi  yang  dianalisis  yaitu  pada pokok bahasan biosfer.

Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  26%  isi  BSE  tidak  sesuai  dengan kurikulum,  sebesar  25%  dari  konsep  terdefinisi  merupakan  konsep  yang  salah sehingga tingkat kebenaranya  tergolong cukup, kesalahan konsep konkrit sebesar 67%  sehingga  tergolong  salah,  98  kalimat  memuat  kesalahan  bahasa  sehingga tingkat kebenarannya dikategorikan  salah. Sebaliknya, media  yang  ada  sebagian besar atau sebesar 89% berfungsi untuk pemantapkan pemahaman siswa. 

Berdasarkan  hasil  penelitian  ini,  disarankan  kepada  para  pengguna  BSE khususnya guru hendaknya menelaah isinya terlebih dahulu sebelum disampaikan kepada  siswa.  Untuk  menghindari  penyampaian  materi  yang  salah  guru dianjurkan untuk menyusun bahan  ajar  sendiri yang  sesuai dengan kriteria buku pelajaran  berkualitas.  Selain  itu,  penulis  buku  hendaknya  memahami  kriteria penulisan  BSE  yang  baik.  Pusbuk  DEPDIKNAS  sebagai  penerbit  disarankan  untuk lebih selektif dalam menilai kelayakan BSE yang akan diedarkan.