SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Geografi Pada Materi Atmosfer dan Hidrosfer Siswa Kelas VII E SMP Negeri 20 Malang

Riska Sahara

Abstrak


ABSTRAK

 

Sahara, Riska. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Geografi Pada Materi Atmosfer Dan Hidrosfer Siswa Kelas VII E SMP Negeri 20 Malang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Hadi Soekamto, S. H, M. Pd, M. Si (2) Drs. Dwiyono Hari Utomo, M. Si, M. Pd

 

Kata Kunci: Hasil belajar IPS geografi, Model pembelajaran Mind mapping

 

Berdasarkan hasil observasi awal diketahui bahwa hasil belajar IPS geografi siswa kelas VII E SMP Negeri 20 Malang, 92,1% masih dibawah KKM dengan nilai rata-rata 63,89. Mayoritas siswa kurang dapat memahami dan mengingat materi-materi IPS geografi, terutama untuk materi yang mengandung pemahaman konseptual. Kesulitan pemahaman tersebut disebabkan oleh banyaknya materi dan banyaknya istilah dalam pelajaran IPS geografi. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman dan daya ingat siswa terhadap materi pelajaran adalah dengan membelajarkan siswa cara mencatat yang baik yaitu melalui penelitian dengan penerapan model pembelajaran mind mapping.

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPS geografi dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dan tiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan dan 1 pertemuan untuk tes akhir siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-E semester genap tahun ajaran 2011-2012 SMP Negeri 20 Malang dengan jumlah 38 siswa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari dan Maret 2012. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa hasil belajar siswa yang diukur di setiap akhir siklus menggunakan instrument berupa tes.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa mulai dari pra tindakan, siklus I, hingga siklus II. Pada pra tindakan nilai rata-rata kelas sebesar 63,89, pada siklus I menjadi 73,05 dengan persentase kenaikan sebesar 14,33%, dan siklus II menjadi 78,34 dengan persentase kenaikan sebesar 7,24%.

Berdasarkan hasil tersebut, disarankan bagi guru geografi agar menggunakan model pembelajaran mind mapping sebagai variasi model pembelajaran agar siswa tidak merasa jenuh dalam mengikuti pembelajaran. Bagi kepala sekolah diharapkan dapat mensosialisasikan dan mengajarkan kepada guru untuk menerapkan model pembelajaran mind mapping dengan cara melakukan lesson study dan memberikan pelatihan kepada tim MGMP sekolah. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian sejenis dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping namun dengan subjek penelitian dan materi yang berbeda.