SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

IDENTIFIKASI KESULITAN GURU GEOGRAFI SMA NEGERI SE-KABUPATEN PAMEKASAN DALAM PENYUSUNAN SILABUS DAN RPP BERDASARKAN KTSP

Wardatus Sarifah

Abstrak


ABSTRAK

 

Sarifah, Wardatus. 2012. Identifikasi Kesulitan Guru Geografi SMA Negeri se-Kabupaten Pamekasan dalam Penyusunan Silabus dan RPP berdasarkan KTSP. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd (II) Drs. Johanes Paluin Buranda, M.Si

 

Kata kunci: kesulitan guru geografi, silabus, RPP, KTSP

 

Salah satu kewajiban guru yaitu membuat perencanaan pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk perangkat pembelajaran yang meliputi program tahunan, program semester, silabus, RPP dan lain sebagainya. Perangkat tersebut dijadikan pedoman dalam membelajarkan siswa. Observasi awal dilakukan dengan mendatangi Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan dan mewawancarai beberapa guru geografi SMA Negeri di Kabupaten Pamekasan. Berdasarkan observasi awal tersebut, guru yang pernah membuat perangkat pembelajaran masih mengalami kesulitan dalam penyusunannya terutama silabus dan RPP.

Untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dialami guru, maka rumusan masalah penelitian sebagai berikut. (1) Apa saja kesulitan yang dialami guru Geografi SMA Negeri se-Kabupaten Pamekasan dalam menyusun silabus berdasarkan KTSP? (2) Apa saja kesulitan yang dialami guru geografi SMA Negeri se-Kabupaten Pamekasan dalam menyusun RPP berdasarkan KTSP? (3) Bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan-kesulitan menyusun silabus dan RPP agar pembelajaran geografi dapat berjalan dengan baik berdasarkan KTSP?

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru geografi SMAN se-Kabupaten Pamekasan yang mengalami kesulitan dalam menyusun silabus dan RPP. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman sehingga peneliti menganalisis data dengan cara (a) mereduksi data yaitu memilih hal-hal yang pokok pada data, (b) memaparkan yaitu menampilkan data pokok dalam uraian singkat, (c) konklusi yaitu menyimpulkan dari hasil paparan data (Sugiono, 2011:247).

Hasil penelitian sebagai berikut: pertama, guru geografi yang ada di SMA Negeri se-Kabupaten Pamekasan masih banyak yang mengalami kesulitan dalam menyusun silabus berdasarkan KTSP pada berbagai komponen; kedua, guru geografi yang ada di SMA Negeri se-Kabupaten Pamekasan masih banyak yang mengalami kesulitan dalam menyusun RPP berdasarkan KTSP pada berbagai komponen; ketiga, Upaya yang dilakukan guru geografi belum berhasil sepenuhnya sehingga harus diadakan upaya yang lebih baik lagi untuk mengatasi kesulitan-kesulitan dalam menyusun silabus dan RPP yaitu mengaktifkan kembali MGMP dengan melibatkan Dinas pendidikan serta guru-guru yang bersangkutan.