SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS-ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1, SMA NEGERI 1 GONDANG, TULUNGAGUNG PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI

Frengki Desi Kayanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Kayanto,  Frengki Desi.  2012.  Penerapan  Model  Pembelajaran  Student  Teams-Achievment Divisions  (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar  Siswa Kelas  XI  IPS  1,  Sma  Negeri  1  Gondang,  Tulungagung  Pada  Mata Pelajaran Geografi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si (II) Drs. Soetjipto. TH, S.H, M.P

   

Kata Kunci:  Pembelajaran  kooperatif model  Student  Teams-Achievment Divisions (STAD), Hasil belajar

 

Berdasarkan  observasi  terhadap  proses  pembelajaran  yang  dilakukan  di SMA Negeri 1 Gondang, Tulungagung, diketahui bahwa belum terjadi proses pembelajaran yang  terpusat. Guru menjadi  satu-satunya  sumber  informasi bagi  siswa, guru belum menggunakan  model-model  pembelajaran  sebagai  strategi  dalam  pembelajaran, selain  itu  siswa  masih  mengandalkan  LKS  menjadi  satu-satunya  sumber pembelajaran. Guru  juga  belum  bisa memotivasi  semangat  belajar  siswa,  sehingga suasana  belajar  cenderung  membosankan.  Berdasarkan  observasi  dari  dokumen penilaian hasil belajar dan biografi umum para  siswa menunjukkan bahwa nilai  tes pada materi sebelumnya hanya terdapat 15 siswa yang mendapatkan nilai ketuntasan dan  21  siswa  yang  mendapat  nilai  di  bawah  KKM.  Kemudian  berdasarkan dokumentasi biografi siswa, menunjukkan bahwa rata-rata pekerjaan orang tua siswa adalah  petani.  Setiap  siswa  memiliki  kondisi  perekonomian  yang  masih  rendah sehingga mereka harus membantu orang tuanya untuk bekerja atau menjaga adiknya karena  rata-rata  memiliki  saudara  3  sehingga  tidak  memiliki  waktu  belajar  yang cukup  untuk  belajar.  Untuk  mengatasi  permasalahan  tersebut,  maka  dilakukan penelitian  dengan  menerapan  metode  pembelajaran  Student  Teams-Achievment Divisions (STAD), yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI  IPS 1 SMA Negeri 1 Gondangan, Tulungagung dalam mata pelajaran  IPS Geografi.

Penelitian  ini  merupakan  Penelitian  Tindakan  Kelas  (Classroom  Action Research) yang terdiri dari 2 siklus, siklus pertama dilaksanakan dalam 2 pertemuan dan siklus kedua juga dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari  kegiatan  perencanaan,  pelaksanaan,  observasi  dan  refleksi.  Penelitian dilaksanakan di kelas XI IPS 1 dengan jumlah siswa 36 orang. Data dalam penelitian ini  berupa  hasil  belajar  siswa.  Instrumen  yang  digunakan  yaitu  soal  tes,  hasil observasi, dan dokumentasi.

Berdasarkan  hasil  penelitian  diketahui  bahwa  ada  peningkatan  hasil  belajar Geografi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Gondang, Tulungagung. Rata-rata nilai sebelum  tindakan adalah 66,22 mengalami peningkatan pada  siklus  I menjadi 79,86 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 82,75.  Berdasarkan  hasil  penelitian  dapat  disarankan:  (1)  bagi  guru  IPS  Geografi, model  pembelajaran  Student  Teams-Achievment  Divisions  (STAD)  dapat  dijadikan sebagai  salah  satu  alternatif model  pembelajaran  untuk meningkatkan  hasil  belajar siswa,  (2) Perlu memperhatikan  tingkat kesulitan  butir  soal  dan  alokasi waktu  agar tujuan  pembelajaran  dapat  berlangsung  serta  tahapan  pelaksanaan  kegiatan pembelajaran dapat berlangsung dengan baik.