SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS 1 SMAN 2 SITUBONDO

Fathorrahman Jalal

Abstrak


ABSTRAK

 

Jalal, Fathorrahman. 2011. Penerapan Pembelajaran Model Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Situbondo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu , M.Si (II) Purwanto, S.Pd, M.Si

 

Kata Kunci: Pembelajaran model Team Game Tournament (TGT), Hasil belajar

 

Berdasarkan observasi terhadap proses pembelajaran yang dilakukan pada bulan September-Oktober tahun 2011 di SMA Negeri 2 Situbondo diketahui bahwa guru masih menggunakan metode pembelajaran yang sifatnya memusat yaitu tanya-jawab dan diteruskan dengan mengerjakan LKS. Kondisi ini menyebabkan proses pembelajaran kurang bervariasi. Dampaknya siswa merasa bosan dan akhirnya hasil belajar yang diperoleh siswa belum maksimal, nilai rata-rata ulangan harian 58,3 dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) untuk mata pelajaran Geografi adalah 70. Selain itu kondisi belajar yang membosankan, kurang melibatkan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran, selain itu kurangnya interaksi antar teman juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan nilai hasil belajar siswa rendah. Selain itu menurut para siswa materi pelajaran geografi sangat banyak sehingga susah untuk mempelajarinya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menerapan metode pembelajaran Team Game Tournament yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Situbondo dalam mata pelajaran IPS Geografi.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari 2 siklus, siklus pertama dilaksanakan dalam 2 pertemuan dan siklus kedua juga dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas XI IPS 1 dengan jumlah siswa 32 orang. Data dalam penelitian ini berupa hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes, hasil observasi, dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada peningkatan hasil belajar Gepgrafi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Situbondo. Rata-rata nilai sebelum tindakan adalah 58,53 mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 79,90 (36,51%) dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 81,50 (39,24%). Setelah diberi tindakan terjadi ketuntasan belajar sebesar 100%.

Bertitik tolak dari hasil penelitian ini disarankan: (1) bagi guru IPS Geografi, model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa, (2) Perlu memperhatikan alokasi waktu agar tahapan pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat berlangsung dengan baik dan tujuan dapat tercapai, (3) dalam pembuatan soal perlu diperhatikan tingkat kesulitan soal agar nilai belajar siswa dapat meningkat bukan malah menurun, dan (4) Pemberian motivasi dan pengahargaan perlu dilakukan agar siswa bersemangat belajar.