SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) Materi Kerusakan Tanah dan Lahan Kelas X SMA Negeri 7 Malang

Nurul Hasanah

Abstrak


ABSTRAK

 

Hasanah, Nurul. 2012. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) Materi Kerusakan Tanah dan Lahan Kelas X SMA Negeri 7 Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ach. Amirudin, M.Pd (II) Satti Wagistina, SP, M. Si.

 

Kata Kunci : Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH), model Problem Based Learning, hasil belajar

 

Pembelajaran PLH memiliki tujuan untuk mengembangkan pengetahuan (pemahaman), sikap dan keterampilan siswa sehingga guru sebagai tenaga pendidik harus mampu memilih dan mengembangkan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik materi dan tujuan pembelajaran.

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar (kognitif dan afektif) pada pembelajaran PLH kelas X SMA Negeri 7 Malang. Bentuk penelitian ini adalah quasi eksperimen. Subjek penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen mendapatkan perlakuan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, sedangkan kelompok kontrol mendapatkan perlakuan menggunakan pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini adalah pre test-post test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 7 Malang tahun ajaran 2011/2012. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, yaitu berdasarkan nilai rata-rata UAS PLH siswa yang hampir sama, kemudian ditentukan dua kelas sebagai sampel penelitian, yaitu kelas X.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.10 sebagai kelas kontrol.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar ranah kognitif siswa pada kelas eksperimen adalah 78,00 dan kelas kontrol adalah 72,77. Sedangkan hasil belajar ranah afektif siswa pada kelas eksperimen adalah 49,43 dan kelas kontrol adalah 49,17. Dari uji-t diperoleh hasil belajar ranah kognitif dengan nilai signifikansi 0,022 ≤ α/2 (0,025) yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran PLH. Dari uji Mann-Whitney diperoleh hasil belajar ranah afektif dengan nilai signifikansi 0,621 > α/2 (0,025) yang menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar ranah afektif siswa pada pembelajaran PLH.

Saran dari penelitian ini adalah (1) sekolah diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model Problem Based Learning (2) sebagai referensi model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognitif pada mata pelajaran PLH, serta guru perlu selalu memberikan penanaman sikap positif kepada siswa terhadap kelestarian lingkungan hidup dalam setiap aktivitas maupun model pembelajaran yang digunakan (3) peneliti selanjutnya perlu meneliti faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan sikap siswa terhadap kelestarian lingkungan hidup pada pembelajaran PLH.