SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Karakteristik, dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Besar Remitensi Pengemis di Desa Pragaan Daya, Kabupaten Sumenep.

Jita Stia Sifrida

Abstrak


ABSTRAK

 

Sifrida, Jita Stia. 2012. Karakteristik, dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Besar Remitensi Pengemis di Desa Pragaan Daya, Kabupaten Sumenep. Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Geografi, Program Studi Pendidikan Geografi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Marhadi Slamet K, M.Si, (2) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si

 

Kata kunci: Karakteristik, pengaruh, remitensi, pengemis.

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah bahwa Desa Pragaan Daya merupakan wilayah dengan kondisi alam yang tandus dan memiliki sumber daya manusia yang rendah. Hal ini mendorong masyarakatnya untuk bekerja sebagai pengemis karena pekerjaan tersebut mudah dilakukan, tidak membutuhkan keterampilan khusus, dan dapat menghasilkan uang dengan jumlah besar dalam waktu yang relatif singkat. Lokasi kerjanya sebagian besar berada di luar daerah sehingga dalam jangka waktu tertentu akan mengirimkan penghasilan ke daerah asal (remiten). Remiten tersebut dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan guna mencukupi kebutuhan, hal tersebut akan berpengaruh terhadap kesejahteraan keluarga pengemis.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Karakteristik demografi, sosial, ekonomi pengemis (2) Pemanfaatan remitensi oleh rumah tangga pengemis (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi besar remitensi pengemis.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey dan instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah Kepala Keluarga yang menjadikan pekerjaan pengemis sebagai mata pencaharian yang berjumlah 166 KK. Analisis data yang digunakan yaitu tabulasi tunggal dan silang (crosstab).

Hasil penelitian menunjukkan: (1) Karakteristik demografi, sosial dan ekonomi: mayoritas pengemis berjenis kelamin perempuan, berumur produktif dan berstatus kawin. Sebagian besar berpendidikan rendah, memilih menjadi pengemis karena mendapatkan penghasilan yang lebih banyak, rata-rata telah menjadi pengemis selama 1-10 tahun, lokasi kerja sebagian besar di Pamekasan, dengan menggunakan alat transportasi bus mini dan rata-rata mengeluarkan biaya pemberangkatan sebesar Rp.4000-Rp.10.000, sedangkan cara mengemis sebagian besar dari rumah ke rumah. Memiliki tanggungan keluarga sebanyak 4-6 jiwa, dan rata-rata berpenghasilan per bulan Rp.600.000-Rp.1.200.000 (2) Pemanfaatan remitensi pengemis di Desa Pragaan Daya yaitu sebagian besar dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pokok, dan pembelian barang-barang rumah tangga 3) Besar remitensi dipengaruhi oleh cara kerja mengemis, lokasi tempat mengemis, dan intensitas pengiriman uang.